Pantai Kusamba Klungkung Bali

Pantai Kusamba merupakan sebuah pantai landai berpasir kehitaman di wilayah Klungkung yang letaknya tidak begitu jauh dari Pura Goa Lawah, sekitar 2,7 km ke arah Barat.

Setelah melewati Jalan Raya Goa Lawah, kami masuk Jl Ida Bagus Mantra sejauh 300 m, lalu berbelok ke kiri memasuki Jl Raya Kusamba sejauh 2,2 km, dan belok ke kiri lagi. Pantai Kusamba berada 300 m dari belokan yang terakhir itu.

Ada tanah sedikit lapang di tepian pantai untuk tempat parkir kendaraan, serta beberapa buah warung makanan. Pantai Kusamba tampaknya masih perlu pengembangan sebagai kawasan wisata, karena belum terlihat ada tempat yang cukup nyaman bagi pejalan untuk nongkrong sebagaimana yang saya lihat di Pantai Batubelig misalnya.

pantai kusamba klungkung
Pantai Kusamba, dan orang hilir mudik memasukkan karung-karung berisi barang-barang keperluan sehari-hari ke dalam kapal untuk dibawa ke Pulau Nusa Penida. Sementara para penumpang terlihat menunggu sampai semua barang selesai diunggah.

Kawasan Pantai Kusamba memiliki ombak relatif tenang. Tiupan angin pun tidak seberapa kuat saat itu sehingga cukup nyaman berada di tepian pantai. Kesibukan di kapal cadik itu cukup menghidupkan suasana Pantai Kusamba yang memiliki bentang pantai cukup panjang.

Pantai Kusamba pernah menjadi salah satu pelabuhan utama Kerajaan Klungkung. Nama Kusamba sendiri tercatat dalam riwayat Kerajaan Klungkung sebagai tempat bersejarah dimana laskar Kerajaan Klungkung berhasil merebut kembali Puri Kusamba dari tangan Belanda dalam serangan dinihari 24 Mei 1849, yang menyebabkan tewasnya Jenderal Michiels.

pantai kusamba klungkung
Bentang tepian Pantai Kusamba sangat panjang dan pasir halus berwarna kehitaman menghiasinya. Tidak adanya dermaga, membuat perahu harus diikat dengan tali-tali panjang agar tidak bergerak terbawa ombak.

Jika saja ada sebuah dermaga kayu panjang menjorok ke laut di sini tentu akan menjadi pemandangan yang mengasikkan, terutama di waktu senja ketika matahari mulai merapat ke garis cakrawala dan orang-orang duduk mencangkung di bibir-bibir dermaga.

Karung-karung dan jerigen telah bertumpuk di dalam perut perahu cadik di tepian Pantai Kusamba, yang kini telah siap untuk dimuati penumpang. Beberapa saat kemudian orang-orang pun naik per satu satu ke dalam perahu, berhimpitan dengan barang-barang yang mereka bawa. Saat itulah saya tahu mengapa perahu sekecil itu membutuhkan sampai empat buah mesin motor sebagai penggeraknya. Rupanya beban yang diangkutnya lumayan berat…

pantai kusamba klungkung
Bibir Pantai Kusamba yang sangat lebar di bagian sebelah kiri, dimana terlihat deretan perahu nelayan yang tengah diparkir di atas pasir. Sayangnya banyak sampah bertebaran di pasir Pantai Kusamba ini, yang meskipun pasirnya berwarna kehitaman namun akan tetap terlihat indah jika saja tidak terserak kotoran di atasnya.

Video Pantai Kusamba Klungkung Bali :

pantai kusamba klungkung bali

Kami memang tidak lama berada di Pantai Kusamba, namun mungkin suatu saat nanti akan kembali untuk merasakan bagaimana naik perahu ke Pulau Nusa Penida ditengah-tengah karung-karung itu. Mudah-mudahan saat itu sudah ada dermaga kayu cantik yang menghias tepian pantai dan bisa duduk mencangkung di sana menanti matahari tenggelam.

Pantai Kusamba Klungkung

Alamat : Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali. Lokasi GPS : -8.56426, 115.45305, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Klungkung, Hotel di Bali, Peta Wisata Bali. Galeri (6 foto) Pantai Kusamba Klungkung Bali : 1.Pantai Kusamba, 2.Pasir kehitaman, 3.Bibir Pantai, 4.Tenang, 5.Siap Berangkat 6.Persawahan.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Bali » Klungkung » Pantai Kusamba Klungkung Bali
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 8 Agustus 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap