Pantai Karang Hawu Sukabumi

Lokasi Pantai Karang Hawu Sukabumi berada di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, kurang lebih 73 km dari pusat Kota Sukabumi. Hawu dalam bahas Sunda berarti tungku.

Nama Karang Hawu diberikan oleh penduduk lantaran di kawasan pantai ada sebuah karang berlubang-lubang yang posisinya menjorok ke arah laut, dan tampak seperti tungku. Legenda yang hidup di tengah masyarakat menyebutkan bahwa di atas bukit karang yang menjorok ke laut itu merupakan singgasana Lara Kadita atau Nyi Roro Kidul, putri Prabu Siliwangi.

Jaman sekarang mungkin orang tak begitu saja percaya pada cerita seperti ini, namun jika digali tentu akan ada pelajaran yang bisa dipetik. Selain memandang gelombang Laut Selatan yang khas dengan debur ombak menghempas karang, di Pantai Karang Hawu pengunjung bisa berjalan-jalan di atas pasir yang halus, berselancar, memancing, atau sekadar menikmati suasana dengan panorama alam tepian pantai yang indah sambil menggerumus jagung rebus.

Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah wartel, penginapan, mini market, warung makan, mushala, dan persewaan peralatan selancar. Untuk berkunjung ke Pantai Karang Hawu bisa dengan mengendari mobil atau motor sendiri dengan area parkir yang cukup luas, atau bisa naik bus dari Terminal Pelabuhan Ratu yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Pengunjung juga bisa menggunakan taksi dari Pelabuhan Ratu.

Pantai Karang Hawu SukabumiAlamat : Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Lokasi GPS : -6.9568039, 106.4565888, Waze ( smartphone Android dan iOS ).
Rujukan : Tempat Wisata di Sukabumi, Hotel di Sukabumi, Peta Wisata Sukabumi.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Pantai Karang Hawu Sukabumi

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.