Pantai Karang Bolong Serang

Pantai Karang Bolong Anyer di Serang baru saya ketahui setelah beberapa kali melewati sisi jalan dimana pantai itu berada, dan ‘ditemukan’ secara tidak sengaja. Betapa senangnya perasaan hati ketika mendapat suatu pengetahuan baru atau sepotong informasi yang bermanfaat, meski itu sangat sederhana atau remeh sekalipun.

Tempat parkir Pantai Karang Bolong Serang yang terletak di sebelah kiri jalan berseberangan dengan letak Pantai tampaknya mampu menampung ratusan kendaraan, hanya saja perlu ditata agar rapi dan menyenangkan bagi para pengendara mobil. Awalnya saya hanya ingin menikmati kelapa muda sebelum masuk ke dalam Pantai Karang Bolong, namun akhirnya dilanjut makan berat dengan lauk ikan kerapu, cumi goreng, kangkung, pete bakar dan lalapan. Makanannya cukup lezat, namun harganya sangat mahal, sangat tidak wajar, bahkan untuk ukuran orang Jakarta sekali pun.

Harga makanan yang gila-gilaan dan sangat tidak wajar di warung Pantai Karang Bolong ini rupanya sudah memakan banyak korban. Saran saya, jangan sekali-sekali makan di warung yang di menu makanannya tidak mencantumkan harga makanan. Anda akan menyesal.

pantai karang bolong anyer banten
Sebuah karang berukuran jauh lebih kecil dilihat melalui lubang besar di tengah Karang Bolong yang bentuknya menakjubkan ini. Karang Bolong ini berada di ujung area pantai di sebelah kanan, dicapai dengan berjalan kaki beberapa puluh meter setelah membayar tiket masuk di pos jaga.

Sebelumnya saya melewati seorang pria yang tengah menikmati sarapan paginya di depan sebuah pohon tua dengan akar keriting yang menonjol di permukaan tanah. Pohon itu sudah terlihat berusia sangat tua, dan bentuk akarnya merupakan salah satu pemandangan yang menarik di Pantai Karang Bolong ini.

Di dekat lubang Karang Bolong ini ada tempat terbuka beralas pasir cukup luas yang saat itu tengah digunakan oleh serombongan pengunjung dalam jumlah yang lumayan banyak untuk melakukan berbagai macam permainan dan lomba kelompok.

pantai karang bolong anyer banten
Ini adalah lintasan berundak yang agak sempit tepat di atas bukit Pantai Karang Bolong, curam di beberapa bagian, namun pemandangannya cantik menuju ke arah puncak bukit Karang Bolong, dihiasi dengan lilitan sulur dan dahan pohon yang sangat tua dan besar.

Sungguh keputusan tepat untuk makan lebih awal tadi, meskipun harus membayar mahal yang sangat tidak wajar, karena ternyata diperlukan energi yang memadai untuk bisa sampai ke atas, khususnya bagi orang yang agak jarang berolah raga.

Lintasan ini merupakan salah satu bagian terindah dan mengasyikkan di Pantai Karang Bolong Serang yang harus dicoba ketika berkunjung ke sana. Bukan saja lintasannya yang unik dan indah, namun ketika sampai di puncak akan terlihat pemandangan ke arah laut dan pantai yang tak kahal indahnya.

pantai karang bolong anyer banten
Dari salah satu bagian di puncak bukit Karang Bolong saya bisa melihat kawasan pantai yang penuh dengan karang yang terserak di sepanjang bibir lautnya. Di puncak karang, dan di sepanjang Pantai Karang Bolong, terdapat tempat duduk memadai dimana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati silir angin laut dan pemandangan yang indah.

Dari puncak bukit Pantai Karang Bolong ada undakan menurun ke arah sisi yang berbeda dari sisi kedatangan dan berakhir pada sebuah gazebo dengan pemandangan yang elok ke arah laut lepas, dan juga ke arah pantai. Tempat ini tampaknya menjadi pilihan yang baik untuk menikmati suasana senja di sana.

Di dekat lintasan jalan terdapat tengara yang berisi sejumlah fasilitas yang bisa dijumpai di area Pantai Karang Bolong, yaitu Bukit Karang Bolong, Pondok Karang Bolong, joglo / warung betah, cenderamata / kantin, pemandian air laut, taman ria, kolam renang, musholla, an juga toilet.

Sayang saat itu langit berawan tebal sehingga saya tidak bisa melihat Gunung Anak Krakatau, dan masih terlalu lama untuk menunggu saat matahari tenggelam. Saya meninggalkan Pantai Karang Bolong sekitar tengah hari, dan mungkin lain kali akan datang lagi untuk menikmati senja dan pemandangan Gunung Anak Krakatau. Dan saat itu saya tak akan sudi makan di warung tanpa daftar harga makanan dan minuman, karena pasti akan dipalak.

Akses: Masuk ke jalan tol dalam kota Jakarta ke arah barat; naik ke jembatan menuju tol Jakarta-Merak; keluar di pintu tol Serang Barat; lewati kota Cilegon menuju ke arah pantai Carita. Ketika sampai hotel Marbella, lihat penunjuk jarak di dashboard mobil anda; Pantai Karang bolong berjarak sekitar 3 km dari hotel Marbella.

Pantai Karang Bolong

Alamat : Desa Karang Bolong, Kecamatan Anyer, Serang, Banten. Lokasi GPS : -6.167393, 105.8507717, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Harga tiket masuk : Rp.5.000 per orang. Rujukan : Tempat Wisata di Serang, Peta Wisata Serang. Galeri (12 foto) Pantai Karang Bolong Anyer Serang Banten : 1.Karang kecil, 2.Lintasan berundak, 3.Puncak karang, 4.Parkir, 5.Pohon 6.Terbuka 7.Akar 8.Mendaki 9.Jernih … s/d 12.Tengara.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Banten » Serang » Pantai Karang Bolong Serang
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap