Pantai Cemoro Sewu Cilacap

Menilik namanya, Pantai Cemoro Sewu Cilacap tentu memiliki banyak pohon cemara di pinggirannya, sehingga mendapat sematan nama kehormatan itu. Sewu bagi orang Jawa merupakan jumlah banyak, dulu. Tidak terlalu salah memang, karena ada dua gerumbul Pohon Cemara Udang cukup padat di sisi Utara dan Barat pantai.

Masing-masing gerumbul Pohon Cemara Udang itu berukuran sekitar 65×90 meter, hanya saja di sisi utara ada areanya bolong-bolong. Pohon cemara itu terlihat kecil, tentu masih muda. Sebuah inisiatif bagus karena penanaman Pohon Cemara Udang telah terbukti membawa manfaat.

Namun ada kesan keterlantaran ketika saya memutar kepala melihat sekeliling area Pantai Cemoro Sewu yang luas ini. Penataan warung masih perlu diperbaiki agar terlihat rapi. Ada sebuah bangunan yang belum selesai dikerjakan, berdinding batako, beratap limasan tumpang yang baru terlihat rangka kayunya saja. Mungkin sebuah bangunan musholla.

pantai cemoro sewu cilacap
Terlihat beberapa orang dewasa dan satu anak kecil tengah berada di tepian Pantai Cemoro Sewu yang pasirnya berwarna coklat muda, dan menjadi tua saat basah. Lebar pantainya bisa mencapai sekitar 70 meter, namun air laut dapat merambat jauh ke darat hingga menyisakan lebar area yang tak terbasahai air laut sekitar 25 meter saja.

Jauh di sisi sebelah kiri pantai terlihat perbukitan memanjang yang menjadi bagian dari Tanjung Karangbolong, yang di pangkalnya terdapat Pantai Logending Kebumen dan muara Kali Bodo. Sedangkan di sisi sebelah kanan atau di sisi Barat, jaraknya lebih dari 35 km untuk sampai di Kota Cilacap dan Nusakambangan yang masyhur itu.

pantai cemoro sewu cilacap
Seorang pria melangkah gontai setelah bermain dengan air laut. Ombak Pantai Cemoro Sewu Cilacap terbilang kuat dan lumayan tinggi karena langsung menghadap Laut Selatan Jawa yang luas tanpa penghalang. Bibir pantai cukup landai, meski tidak selandai Pantai Bunso, sehingga harus lebih hati-hati jika bermain air laut di sini.

Jarak dari Pantai Bunso ke Pantai Cemoro Sewu hanya sekitar 1,5 km, lewat jalan tembus terbuat dari tanah diperkeras batu yang membuat mobil bergoyang keras saat melewatinya. Infrastruktur jalan menjadi masalah di banyak tempat, karena di masa lalu uang negara terlalu banyak dibakar dalam bentuk subsidi BBM, selain dikorupsi berjamaah.

Infrastruktur jalan yang baik mempercepat pergerakan barang dan membuat murah biaya logistik. Selain itu juga mendorong pergerakan manusia, yang akan diikuti dengan pergerakan uang, dan penyebaran kemakmuran ke daerah-daerah. Itu sebabnya pembangunan infrastruktur harus digenjot, baiknya 10% dari PDB, dibarengi sistem belanja kebal korupsi.

pantai cemoro sewu cilacap
Kondisi jalan di sekitar area Pantai Cemoro Sewu Cilacap yang perlu perbaikan agar terlihat lebih rapi. Di latar belakang terlihat bangunan yang belum selesai itu, serta pepohonan Cemara Udang yang masih muda. Selain menjadi pemecah angin laut yang berguna bagi petani, pohon Cemara Udang juga menjadi pelindung bila terjadi Tsunami.

Saya sempat mampir ke sebuah warung cukup besar yang lokasinya paling jauh dari pantai untuk menikmati sebutir kelapa muda. Cukup menyegarkan air kelapa murninya, dan daging kelapa mudanya juga lembut. Beberapa tahun lalu Pantai Cemoro Sewu sempat mendapat perhatian pemerintah dan mulai dipromosikan sebagai tempat tujuan wisaya.

Sisa perhatian itu tampak pada sejumlah tempat duduk berbentuk payung yang menua. Di sisi Timur Pantai Cemoro Sewu juga ada kolam renang 30 x 10 meter. Pemilik warung mengatakan bahwa pengunjung pantai sudah tak sebanyak dulu. Tempat wisata memang tak bisa mendapat perhatian sekali-sekali saja, namun perlu dikelola berketerusan dengan standar baik.

Pantai Cemoro Sewu, Bunso, dan Congot memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata berkelas namun tetap murah dan terjangkau bagi kebanyakan orang. Penanaman ribuan Pohon Cemara Udang di sepanjang area diantara ketiga pantai itu yang kini masih gundul perlu dilakukan, selain perbaikan akses, fasilitas, dan penataan.

Pantai Cemoro Sewu Cilacap

Alamat : Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Lokasi GPS : -7.71568, 109.36979, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Galeri : 9 foto. Rujukan : Peta Wisata Cilacap, Tempat Wisata di Cilacap, Hotel di Cilacap. Galeri (9 foto) Pantai Cemoro Sewu Cilacap : 1.Tepian Pantai, 2.Ombak, 3.Cemara Udang, 4.Merangkak, 5.Pantai 6.Pasir 7.Menua 8.Undur Laut 9.Dahsyat.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Cilacap » Pantai Cemoro Sewu Cilacap
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 16 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap