Pantai Carolina Padang

Pantai Carolina Padang berjarak 10 km dari Pantai Nirwana, ke arah Selatan, dengan menyusur Jalan Padang Muko-Muko, mengikuti kontur perbukitan dan kelokan tepian laut dari sebuah tanjung yang cukup besar. Diantara kedua pantai ini terdapat beberapa titik di atas ketinggian bukit, yang sangat baik untuk melihat panorama laut.

Setelah membayar karcis Rp.5.000 per orang, dan karcis kendaraan sejumlah yang sama, kami masuk ke daerah pantai berpasir yang cukup bersih, Pantai Carolina Padang. Kendaraan roda empat yang kami tumpangi bisa masuk sampai ke tepian pantai, mungkin karena saat itu bukan hari libur sehingga tidak banyak pengunjung yang datang..

Lalu seorang pria, entah calo entah pemilik perahu, menawarkan saya untuk naik perahu motor berkeliling di sekitar perairan Teluk Bungus. Melihat keadaan laut yang tenang, cuaca bagus, maka terjadilah tawar menawar, yang berakhir dengan kesepakatan harga sewa. Saya pun naik ke atas sebuah perahu motor sederhana, dipandu seorang pria pendiam berusia sekitar setengah abad.

Pantai Carolina Padang
Permukaan air laut jernih hijau kebiruan yang tenang dibelah oleh badan dan sayap perahu motor yang kami tumpangi. Tidak ada desau angin. Hanya suara mesin motor yang ritmis yang menemani perjalanan.

Suasana di Pantai Carolina cukup teduh. Tikar-tikar dihampar di bawah naungan pohon nyiur dan pohon-pohon lainnya yang rimbun. Cukup untuk memberi lindungan dari terik matahari pantai. Sebelumnya saat masih di pantai seorang ibu menawarkan kelapa muda, yang saya terima dengan senang hati.

Pantai Carolina Padang
Sebuah pulau pasir, yang sempat kami lihat dari atas bukit, menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung naik perahu dari Pantai Carolina Padang.

Kami sempat berhenti dan turun selama beberapa saat di Pulau Pasir ini. Ada banyak serakan kerang kecil di sepanjang tepian pantai, ada beberapa kepiting transparan terlihat berlarian di atas pasir yang berwarna putih kecoklatan. Di tengah-tengah Pulau Pasir, terdapat susunan batu koral berbentuk persegi empat. Tampak seperti sebuah tempat untuk berkumpul.

Pantai Carolina Padang
Pulau Pasir dilihat dari atas perbukitan, diambil dalam perjalanan menuju Pantai Carolina Padang. Di sebelah kirinya adalah dua buah kapal berjejer, yang tampak seperti kapal keruk, atau mungkin kapal pengangkut batubara.

Kami menjumpai sekelompok nelayan, yang berdiri berderet di atas sebuah perahu yang tidak terlalu besar, sedang bersama-sama menarik jala yang telah mereka tebar sebelumnya. Cuplikan videonya bisa dilihat di .

Pantai Carolina Padang
Pantai Carolina Padang dari balik moncong perahu yang kami tumpangi, dalam perjalanan pulang kembali ke pantai.

Pohon rindang, pantai pasir putih landai yang bersih, serakan tikar, air laut jernih, angin yang tenang, pemandangan indah dari perbukitan, serta kesempatan untuk melaut dengan menyewa perahu motor nelayan, membuat kunjungan ke Pantai Carolina Padang menjadi menyenangkan.

Pantai Carolina Padang

Alamat : Bungus Km 20, Teluk Kabung. Telp. 0751-751164, Fax 751163. Lokasi GPS : -1.03743, 100.40877, Waze. Harga tiket masuk : Rp. 5.000. Galeri : video. Rujukan : Tempat Wisata di Padang lainnya, Peta Wisata Padang, Hotel Padang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Padang » Pantai Carolina Padang

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 17 Juli 2017. Tag: