Optimasi Foto Untuk Web

Home » Blog » Photoshop » Optimasi Foto Untuk Web
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Melakukan optimasi foto untuk web bisa dilakukan dengan Photoshop. Optimasi foto untuk web juga bisa dilakukan secara online di Optimizilla dengan quality 75%. Optimasi foto untuk web ini penting untuk dilakukan agar halaman situs anda bisa dibuka lebih cepat oleh pengunjung.

Untuk situs yang menggunakan ribuan foto seperti Aroengbinang Travelog, loading time yang terlalu lama bisa mengakibatkan larinya para pengunjung, dan tidak disukai oleh mesin perayap seperti Google. Karena itu semua foto yang ada di situsweb harus dioptimasi.

Hasil akhir optimasi adalah ukuran file yang lebih kecil (dalam bytes), dan karena itu akan lebih cepat dibuka, meskipun kualitas tampilan foto juga menurun. Hanya saja penurunan itu secara visual tidaklah terlalu terlihat kentara.

Untuk melakukan optimasi foto dengan menggunakan Photoshop sangatlah mudah, yaitu:

  1. Copy foto yang akan dioptimasi. Simpan foto aslinya. Optimasi copy-nya saja.
  2. Buka Photoshop, lalu buka copy file foto yang akan dioptimasi.
  3. Sesuaikan ukuran pixel dengan lebar kolom tulisan pada blog: Klik Image, Image Size.
    Di Travelog, saya menggunakan 525 x 350 pixel, dengan tinggi bisa bervariasi. Jangan mengunggah foto dengan lebar pixel lebih besar dari lebar kolom tulisan.
  4. Untuk melakukan optimasi foto, klik File, lalu Save for Web and Devices….
  5. Pilih JPEG, ketik angka pada Quality antara 35 s/d 60. Di Travelog saya menggunakan 35%. Semakin besar angkanya, foto akan semakin terlihat bagus, namun bytes-nya akan semakin besar pula.
  6. Pilih Progressive.
  7. Pilih Convert to sRGB, lalu klik Save. Anda bisa memberi nama lain pada file foto yang telah dioptimasi

Harap diperhatikan, sebelum diunggah ke server anda, file yang telah dioptimasi jangan lagi dibuka dengan Image Browser, software yang biasa dipakai oleh para pengguna Kamera Canon, karena ukuran file akan kembali lagi seperti sebelum dioptimasi.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 20 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »