Museum Sudirman Magelang

Museum Sudirman Magelang berada di Jl. Ade Irma Suryan C7, Magelang, diresmikan pada 18 Mei 1967 oleh Mayor Jenderal Yasir Hadibroto yang saat itu menjabat sebagai Pangdam VII Diponegoro, sebagai penghormatan atas jasa-jasanya pada republik.

Sebelumnya tempat ini merupakan tempat peristirahatan Jenderal Sudirman, dan di rumah ini pula ia menghembuskan nafas terakhirnya dalam perawatan dokter pribadi.

Museum Sudirman memiliki 5 ruangan dengan luas keseluruhan 201 m2, bergaya arsitektur Eropa klasik, berdiri di atas seluas 1.329 m2, dan menyimpan tempat tidur Panglima Besar Sudirman.

Ada pula meja kursi, meja tempat pemandian jenazah Sudirman, serta gambar dan lukisan peninggalan Sudirman.

Museum Sudirman MagelangAlamat : Jl. Ade Irma Suryan C7, Magelang. Jam buka : 08.00 – 15.00. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Museum Sudirman Magelang

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.