Museum Samudra Raksa Magelang

Museum Samudra Raksa Magelang berada di dalam kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang, merupakan museum bahari yang menampilkan jalur perdagangan laut antara Indonesia kuno, Madagaskar, dan pesisir Afrika Timur, yang dijuluki sebagai Jalur Kayumanis.

Di Museum Samudra Raksa ditampilkan Kapal Borobudur yang telah berlayar selama 6 bulan dalam Ekspedisi Borobudur mengarungi Samudra Hindia dari Jakarta sampai di Accra, Ghana, dari Agustus 2003 sampai Februari 2004.

Setelah sampai di Ghana, kapal dibongkar dan dikirimkan kembali ke Indonesia. Setelah sampai di Indonesia, rekonstruksi Kapal Borobudur dimulai pada bulan Juli 2005 oleh Assad Abdullah al-Madani, sang pembuat kapal.

Museum Samudra Raksa diresmikan pada 31 Agustus 2005.

Museum Samudera Raksa MagelangAlamat : Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang. Lokasi GPS : -7.6048728, 110.2034283, Waze. Jam buka : 08.00 – 14.00. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Museum Samudra Raksa Magelang

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.