Museum Patologi Anatomi FKUI Jakarta

Museum Patologi Anatomi FKUI Jakarta ini berada dalam lingkup Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dengan koleksi berbagai organ tubuh manusia, janin, dan hewan yang diawetkan dan disimpan dalam tabung berbagai ukuran, kadaver, serta dokumentasi foto korban kejahatan.

Reproduksi fosil manusia purba dan tengkorak berbagai suku bangsa di Indonesia juga bisa dijumpai di museum ini.

Museum ini rupanya sejak awal tidak dibuat bagi masyarakat pada umumnya, mengingat koleksinya memang terbilang tak lazim, dan mungkin membuat tak nyaman bagi kebanyakan orang.

Meski sejak sekolah dasar hingga sekelah menengah atas, atau setidaknya sampai sekolah menengah pertama, kebanyakan murid tentu sudah mengenal tubuh manusia.

Namun murid hanya melihat gambar, dan alat peraga, sehingga jika melihat benda yang sesungguhnya tentu reaksinya akan sangat berbeda. Mungkin karena itu museum ini hanya dibuka untuk mampu pada saat tertentu saja.

Museum Patologi Anatomi FKUI

Alamat : Jl. Salemba No.6 Jakarta Pusat, Telepon 021- 330363.
Lokasi GPS : -6.195358, 106.848132, Waze ( smartphone Android dan iOS ).
Jam buka : hanya dibuka untuk umum pada saat Dies Natalis UI atau FKUI, atau atas permintaan mahasiswa dan dosen.
Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Pusat.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jakarta » Jakarta Pusat » Museum Patologi Anatomi FKUI Jakarta

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 4 Juli 2017. Tag: