Museum Diponegoro Magelang

Lokasi Museum Diponegoro Magelang berada di sebuah ruangan berukuran 10×10 m, di sayap sebelah kiri Pendopo eks-Karesidenan Kedu, sebuah bangunan tua yang didirikan pada 1810.

Di tempat ini, Pangeran Diponegoro diakali dan ditangkap oleh De Kock, yang praktis mengakhiri perjuangan Pangeran Diponegoro di Perang Jawa (1825 – 1830).

Di dalam Museum Diponegoro tersimpan meja kursi tempat perundingan berlangsung dengan guratan kuku sang pangeran di salah satu kursi sebagai ungkapan kemarahannya karena merasa ditipu.

Ada pula jubah sang pangeran berukuran 1.57 x 1.35 m yang terbuat dari kain shantung, kitab tahrib, tempat sembahyang berupa balai-balai, 7 buah cangkir yang menjadi tempat 7 jenis minuman yang menjadi kegemarannya, serta beberapa koleksi lainnya.

Museum Diponegoro MagelangAlamat : Jl. Diponegoro No.1, Magelang. Jam buka : 08.00 – 14.00. Harga tiket masuk : gratis. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Museum Diponegoro Magelang

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.