Museum Borobudur Magelang

Namanya adalah Museum Karmawibhangga, namun lebih dikenal sebagai Museum Borobudur Magelang, sebuah museum arkeologi yang berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, hanya beberapa ratus meter di sebelah utara Candi Borobudur, Magelang.

Bangunan museum berbentuk rumah joglo yang dilengkapi pendopo, menampilkan 160 foto-foto relief Karmawibhangga yang diukir pada kaki Borobudur yang kini tersembunyi, beberapa blok batu candi, serta artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar Borobudur dan tempat lainnya di Jawa Tengah.

Kisah Mahakarmawibhangga melambangkan sisi manusia yang masih terikat hawa nafsu dan tunduk pada hukum karma. Setiap panel relief memberi gambaran lengkap hubungan sebab-akibat. Relief ini tertutup oleh kaki tambahan yang tidak diketahui alasannya. Pada 1890 kaki tambahan ini dibongkar dan diambil gambarnya oleh Kassian Cephas.

Museum Borobudur juga menampilkan struktur arsitektur Borobudur, dan foto-foto proyek pemugaran Candi Borobudur yang berlangsung dalam kurun waktu 1975 – 1982. Ada pula fragmen kepala Buddha yang ditemukan di Selomerto, Wonosobo, terbesar ukurannya yang pernah ditemukan di Indonesia, serta patung Unfinished Buddha.

Museum Borobudur MagelangAlamat : Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang. Jam buka : 08.00 – 14.00. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Museum Borobudur Magelang

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.