Museum Adityawarman Padang

Museum Adityawarman di Jl Diponegoro 10, Padang, adalah tempat terakhir yang saya kunjungi saat berada di kota itu beberapa bulan lalu, sebelum menuju bandara Minangkabau untuk kembali ke Jakarta. Namun sayang sekali saya tidak bisa masuk ke dalam, lantaran museum tutup. Hari itu memang hari Senin, hari dimana banyak museum ditutup untuk umum.

Kepalang tanggung karena sudah berada di area Museum Adityawarman, saya pun berjalan berkeliling di pelataran bangunan utama museum untuk melihat-lihat jika ada yang menarik di sana.

bangunan museum adityawarman
Bangunan museum ini berbentuk rumah gadang Minangkabau, yang disebut juga Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjung, dengan bangunan sayap kiri dan kanan lebih tinggi dari bagian tengahnya.

halaman museum
Di halaman Museum Adityawarman yang sangat luas ini saya menjumpai beberapa instalasi patung dan koleksi lain, seperti terlihat pada foto di atas.

tampak muka Museum Adityawarman
Tampak muka bangunan museum, dengan patung utuh sepasang manusia yang mengenakan pakaian adat Minangkabau.

Museum Adityawarman ini diresmikan pada 16 Maret 1977. Nama Adityawarman digunakan sebagai penghormatan terhadap Raja Pagaruyung abad XIV M itu, yang kebesarannya diketahui dari prasasti di Saruaso, Lima Kaum, Pagaruyung, serta Arca Bhairawa dan candi Padang Rocok di Sijunjung.

Museum Adityawarman
Sebuah monumen tampak didirikan di halaman museum. Di sebelah patung pria yang tengah duduk dengan bambu runcing di tangannya terdapat tulisan yang berbunyi: “Untuk kami Nusa Djaja, Kamulah Gugur Derita Sengsara, Kamu Bertugu di Jiwa Bangsa, Lambang Bermutu Selama Masa”

Museum Adityawarman
Di bagian belakang monumen ini terdapat tulisan naskah proklamasi, serta tertulis tanggal 9 Maret 1950, yang merupakan tanggal dimana Padang dikembalikan ke pangkuan RI melalui SK. Presiden RI Serikat (RIS), No.111, 9 Maret 1950.

Museum Adityawarman
Sebuah bendi di salah satu sudut halaman Museum Adityawarman. Mudah-mudahan masih ada kesempatan lain untuk berkunjung ke Museum Adityawarman ini, agar bisa melihat koleksi benda-benda arkeologis dan budaya Minangkabau yang disimpan di sana.

Museum Adityawarman

Alamat: Jl Diponegoro 10, Padang, Sumatera Barat. Lokasi GPS: -0.95527, 100.35613. Tempat Wisata di Padang lainnya, Peta Wisata Padang, Hotel di Padang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Padang » Museum Adityawarman Padang

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 19 Maret 2017. Tag: