Monumen Perjuangan Jatinegara Jakarta

Lokasi Monumen Perjuangan Jatinegara Jakarta berada di ujung Selatan Jl. Matraman Raya, Jakarta Timur, di sebuah area di tengah-tengah pertemuan dengan Jl. Jatinegara Barat dan Jl Urip Sumoharjo, di depan Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Eukomunia.

Monumen yang pembuatannya diprakarsai oleh Gubernur KDKI Jakarta Ali Sadikin ini tadinya akan dibangun di sekitar Viadek Jatinegara namun dibatalkan karena tempatnya yang tidak memungkinkan. Pembuatan patung memakan waktu 2,5 tahun dan baru diresmikan pada 7 Juni 1982 oleh Gubernur DKI Jakarta Tjokropranolo.

Pembuatan patung dipercayakan kepada Haryadi. Patung dibuat dengan bahan beton cor dan gips, dan pengecorannya dilakukan di Yogyakarta.

Monumen Perjuangan Jatinegara dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat pada masa perang kemerdekaan di wilayah Jakarta Timur, khususnya di wilayah Jatinegara, sebagai rangkaian perjuangan rakyat di daerah Pasar Jangkrik (Pasar Macan), Paseban, Kampung Melayu, Pulomas, dll.

Monumen Perjuangan Jatinegara berujud patung pemuda setinggi 2,5 m berdiri tegak menyandang senapan dengan tangan bersedekap di dada, ransel di punggung, dan pada pinggang terdapat pistol, granat, golok, dompet serta tempat minum. Di sampingnya ada patung anak laki-laki setinggi 1 m bercelana pendek, telanjang dada, tanpa alas kaki dan di lehernya bergantung ketapel. Monumen ini dibangun di atas landasan setinggi 3 meter.

Monumen Perjuangan Jatinegara Jakarta

Alamat : Jl Matraman Raya, Jakarta Timur. Lokasi GPS : -6.213406, 106.86149, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Timur

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jakarta » Jakarta Timur » Monumen Perjuangan Jatinegara Jakarta
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 4 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap