Menyesuaikan Kwayy HTML Sitemap

Home » Blog » WordPress » Menyesuaikan Kwayy HTML Sitemap
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Kwayy HTML Sitemap sesungguhnya plugin WordPress yang sangat praktis dan mudah, sehingga hanya perlu sedikit penyesuaian untuk versi yang ada saat tulisan ini dibuat. Kwayy HTML Sitemap adalah plugin yang memberi Anda shortcode untuk menampilkan seluruh Page serta Post.

Jika XML Sitemap dibuat untuk bot agar seluruh tulisan bisa terindeks dengan baik oleh mesin pencari seperti Google dan Yahoo, maka Kwayy HTML Sitemap dibuat untuk mata manusia. HTML Sitemap dibuat agar para pembaca blog bisa melihat semua tulisan yang sudah Anda terbitkan.

Dengan membuat HTML Sitemap maka Anda tidak perlu lagi memasang widget Category di sidebar sehingga blog lebih ramping, dan pembaca pun bisa melihat tulisan yang mungkin menarik buat mereka yang selama ini tersembunyi, terkubur diantara begitu banyak tulisan lainnya.

Pilihan cara untuk memasang plugin bisa dibaca pada tulisan Cara Install Plugin WordPress.

Instalasi Kwayy HTML Sitemap sederhana saja, tidak perlu repot. Setelah diaktivasi, hanya ada dua yang bisa dikerjakan: mengisi ID Page dan Post yang tidak mau ditampilkan, dan mengatur urutan tampilan antara Page dan Post, mana yang lebih dulu muncul.

Klik Page pada halaman Admin, dan jika ada Page yang tak hendak ditampilkan, hover mouse di atas tulisan itu dan catat ID tulisan yang muncul, lalu ketik ke dalam baris di Exclude Post pada Kwayy HTML Sitemap Options. Pisahkan dengan koma jika lebih dari satu tulisan.

Secara Default, Posts lebih dulu ditampilkan ketimbang Page. Agar Page muncul lebih dulu, Anda tinggal drag icon di baris Page, dan geser ke atas.

Jika Anda ingin agar tulisan Anda muncul secara alfabetis, maka lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka kwayy-html-sitemap.php di subdirectory plugin
  2. Ganti
    function kwayyhs_get_post_by_post_type( $postype , $title , $orderby = 'menu_order' , $order = 'ASC' ){

    dengan

    function kwayyhs_get_post_by_post_type( $postype , $title , $orderby = 'name' , $order = 'ASC' ){

    Judul tulisan kadang berbeda dengan alamat permalink tulisan. Untuk mengurut berdasarkan judul tulisan, Anda bisa mengganti name dengan title, sehingga kode-nya seperti ini:

    function kwayyhs_get_post_by_post_type( $postype , $title , $orderby = 'title' , $order = 'ASC' ){

Cara ini perlu Anda lakukan sebelum muncul versi baru Kwayy HTML Sitemap yang kemungkinan akan mengakomodasi kebutuhan pengurutan secara alfabetis ini.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Sumber tulisan ada di sini.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »