Menghabiskan Senja di Pantai Kencana, Sumbawa Besar

Lepas berkunjung dari Pantai LaPade menuju ke arah pulang ke hotel, kami diajak untuk singgah selema beberapa waktu di Pantai Kencana Sumbawa Besar. Sekalian sudah terlanjur di Sumbawa masa tidak ke Pantai Kencana, kata Pak Sopir meyakinkan. Bolehlah kita mampir sebentar saja, walau matahari sudah mulai turun.

Sebenarnya saat menuju Pantai Lapade juga melewati Pantai Kencana ini. Jarak antara Kota Sumbawa Besar menuju Pantai Kencana lebih dekat jika dibandingkan dengan Pantai LaPade. Kira-kira waktu yang dibutuhkan dari kota Sumbawa Besar ke Pantai Kencana 30 menit kurang. Sebelum sampai Pantai Kencana dari Kota Sumbawa Besar akan melewati Pelabuhan Badas. Bisa jadi acuan lokasi jika perjalanan dimulai dari kota Sumbawa Besar agar tidak tersasar. Untuk bisa melihat Pantai Kencana, harus melewati pintu gerbang Kencana Beach Cottages dan membayar tiket masuk dan parkir dengan harga yang terjangkau.

Pantai Kencana memang termasuk dalam kawasan Cottages. Jadi sebelum menikmati pemandangan Pantai, kita akan melalui taman buatan dengan patung-patung binatang besar. Pohon-pohonnya rindang dan tinggi.

pantai kencana

Saat itu sampah daun yang berserakan sedikit mengganggu pemandangan. Ditengah-tengah taman, dibuat kolam renang ukuran sedang untuk sarana tambahan tamu. Dari kolam renang langsung terlihat Pantai Kencana yang berpasir abu-abu.

Tidak lama kami datang, beberapa keluarga bersiap-siap menikmati fasilitas kolam renang. Ada juga pasangan muda yang datang hanya berdua. Sopir kami sempat berbisik protes melihat pasangan itu. Sementara kami semua hanya tertawa, karena pemandangan di depan mata tadi, sudah biasa di Jakarta. Namanya juga anak muda Pak, sahut kami.

pantai kencana
Sejauh mata memandang hanya ada pohon dan air laut di Pantai Kencana

pantai kencana
Tamu yang menginap akan beristirahat di cottage

Tidak ada kegiatan meriah di sore hari itu. Hanya ada anak-anak yang bersantai tidak melakukan apa-apa. Pantainya sepi, tidak ada yang berenang di pantai atau sekedar bermain air laut. Mungkin karena pengunjung yang bisa dihitung dengan jari, maka tidak ada pedagang yang menjajakan barang.

pantai kencana
Suasana sepi di Pantai Kencana

pantai kencana
Perahu yang hanya dibiarkan menganggur di pinggir restoran

Sempat melihat ada perahu jungkung, tidak pasti apakah bisa disewa pengunjung atau tidak. Yang suka olahraga lari mungkin cocok ada di sini, karena luas wilayah Pantai Kencana dari ujung ke ujung jaraknya lumayan jauh dan juga pantainya tidak berbatu.

Setelah tidak tahu hendak melakukan apa di pantai ini, kami kemudian memilih untuk memesan satu teko kopi hitam dan menikmatinya di pinggir kolam renang cottages.

Pantai Kencana Sumbawa

Alamat : Jalan Raya Poto Tano KM.11 Badas, Sumbawa. Lokasi GPS : -8.4663991, 117.3722515 , Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Sumbawa.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Nusa Tenggara Barat » Sumbawa » Menghabiskan Senja di Pantai Kencana, Sumbawa Besar
Tag :

Oleh Fina Hastuti. Penduduk Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Indonesia. Senang keluyuran melihat pemandangan hilir-mudik ikan-ikan elok di lautan dan pencinta komik hiburan, suka berfikir praktis dan anti ribet. Melihat semua hal dalam hidup dengan cara yang indah saja. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 3 Agustus 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap