Menggabungkan Foto dengan Photoshop CS6

Ada saatnya blogger perlu pengetahuan cara Menggabungkan Foto dengan Photoshop untuk menghemat jumlah foto. Cara Menggabungkan Foto dengan Photoshop ini memakai Layer Masks dan Photoshop CS6. Terlalu banyak foto pada blog akan memperlama loading, dan itu baiknya dihindari.

Meskipun tutorial ini menggunakan Photoshop CS6 Mac, namun teknik sama bisa dipakai pada Photoshop versi PC. Biasanya ada lebih satu cara untuk bekerja dengan Photoshop, dan ini salah satunya. Untuk menggabungkan foto, lakukan langkah-langkah sebagai berikut ini.

Langkah 1: Buka Foto Pertama

Dalam tutorial ini, foto pertama adalah foto yang Anda akan letakkan di sisi sebelah kiri. Anda bisa klik foto di bawah ini untuk mengunduhnya. Anda juga bisa menggunakan foto sendiri untuk digunakan dalam latihan ini.

menggabungkan foto dengan photoshop cs6

Langkah 2: Unlock Background

Klik Layers, dobel klik tulisan “Background” pada Layers untuk unlock foto. Geser foto sesuai kebutuhan.
menggabungkan foto dengan photoshop cs6

Langkah 3: Buka Foto Kedua

Ini adalah foto yang akan diposisikan di sebelah kanan. Anda bisa klik foto di bawah ini untuk mengunduhnya.
menggabungkan foto dengan photoshop cs6

Langkah 4: Drag ke Foto Pertama

Drag foto kedua ke foto pertama (klik v, dobel klik foto kedua dan tetap tekan, dan seret ke tab foto pertama, letakkan di bidang gambar). Geser posisi foto kedua sesuai keinginan.

Langkah 5: Buat Layer Mask

Klik Layers, dobel klik dan seret Layer 1 (foto kedua) ke bawah Layer 0 (foto pertama). Sekarang foto pertama ada di atas foto kedua.

Klik Layer 0, dan klik ikon “Add layer mask” (ikon ketiga dari kiri di sudut bawah menu Layers

Langkah 6: Sesuaikan Gradient Tool

Pastikan warna foreground hitam dan background putih.
Klik shift+g dua kali atau sampai muncul ikon Gradient Tool.
Pada menu ikon di bar atas, klik ikon kedua dari kiri (ikon paling panjang, klik warna hitam di tengah untuk mengedit Gradient), seret slider bawah pada posisi di bawah ini. Klik OK atau Enter.

menggabungkan foto dengan photoshop cs6

Langkah 7: Gabungkan foto

Klik ikon Layer Mask di sebelah kanan Layer 0 untuk memastikan bahwa ia aktif, ikon Gradient Tool juga aktif. Letakkan kursor di ujung kanan tengah foto, dobel klik dan drag ke tengah foto, lepaskan. Lihat hasilnya. Ctrl-z (command-Z pada Mac) jika belum puas. Ulangi dragging kursor ke posisi yang memberi hasil sesuai keinginan.
menggabungkan foto dengan photoshop cs6

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Blog » Photoshop » Menggabungkan Foto dengan Photoshop CS6

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 23 Maret 2017. Tag: