Mengatasi Masalah Remove query strings from static resources

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!

Salah satu saran GTmetrix adalah untuk “Remove query strings from static resources”. Query strings atau tanda tanya biasanya muncul pada scripts dan styles, dan menjadi salah satu faktor yang menurunkan nilai Page Speed Grade jika tidak diperbaiki.

Kecepatan loading website sangat penting bagi blogger, karena tidak hanya menyenangkan pengunjung, namun menurunkan resiko masalah dengan webhosting karena banyak memakan resources, dan juga disukai Google yang berpengaruh pada Page Rank dan urutan muncul di Google.

Karenanya setiap blogger wajib melakukan perbaikan pada kecepatan loading website, dengan membuat websitenya ramping, menggunakan sesedikit mungkin plugin, tidak menggunakan terlalu banyak icon dan image, mengoptimasi semua foto, dan banyak hal lagi lainnya yang bisa dilihat setelah melakukan test pada GTmetrix.

Sayangnya saya masih menemukan blogger yang memasang terlalu banyak icon dan logo di sidebarnya, memasang terlalu banyak foto atau memasang foto yang tidak dioptimize, serta terlalu banyak menyajikan tulisan di halaman mukanya sehingga sangat panjang dan akibatnya loadingnya menjadi lama.

Jika memungkinkan, gantilah icon dan logo pada sidebar dengan tautan teks. Itu akan sangat membantu dalam mempercepat loading halaman, atau bisa juga dengan menggabungkannya icon dan logo-logo itu menjadi satu image.

Khusus mengatasi permintaan GTMetrix untuk remove query strings from static resources, lakukan langkah sebagai berikut.

  1. Buka functions.php
  2. Copy script berikut ini, dan paste di functions.php (setelah <?php)

    function _remove_script_version( $src ){
    $parts = explode( '?', $src );
    return $parts[0];
    }
    add_filter( 'script_loader_src', '_remove_script_version', 15, 1 );
    add_filter( 'style_loader_src', '_remove_script_version', 15, 1 );
  3. Jika ternyata ada plugin yang tak berkerja ketika Anda tengah melakukan editing pada tulisan, maka jangan gunakan script di atas namun gunakan script berikut ini:

    if (!is_admin() || !is_admin_bar_showing()){
    add_filter( 'script_loader_src', '_remove_script_version', 15, 1 );
    add_filter( 'style_loader_src', '_remove_script_version', 15, 1 );
    }

    function _remove_script_version( $src ){
    if (preg_match("(\?ver=)", $src )){
    $parts = explode( '?', $src );
    return $parts[0];
    }else{
    return $src;
    }
    }

Semoga bermanfaat


Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Blog » WordPress » Mengatasi Masalah Remove query strings from static resources
Tag: , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »