Menandai GPS dengan Blackberry

Sudah sejak sekitar awal tahun lalu saya menandai GPS dengan Blackberry untuk tempat yang saya kunjungi. Tidak selalu mulus. Selain kerap lupa menandai GPS dan tidak mungkin kembali karena sudah jauh, juga seringkali memakan waktu untuk mendapatkan signal satelitnya.

Bagaimanapun, Menandai GPS dengan Blackberry cukup membantu. Diperlukan kesabaran untuk menunggu selama beberapa menit di suatu tempat untuk mendapatkan signal satelitnya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengaktifkan GPS beberapa saat sebelum sampai ke tujuan.

Untuk menandai koordinat GPS dengan Blackberry, yang biasanya saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan BB sedang menerima signal GPRS (EDGE, dsb). Lihat pojok kanan atas pada layar BB.
  2. Pastikan anda berada di luar rumah, di tempat terbuka, tidak di dalam gedung; di mobil masih bisa. Signal satelit tidak bisa diperoleh di tempat tertutup. Signal juga sulit diperoleh ketika langit tertutup mendung.
  3. Klik ikon Maps (bulatan bergambar kompas) pada BB, dan gambar sebuah peta di dekat tempat anda berada akan terlihat.
  4. Klik Menu BB (logo BB, disamping kiri tombol tengah), pilih “Start GPS Navigation”. Akan terlihat tulisan “searching for satellites…”.

    Jika signal telah diperoleh, akan terlihat noktah merah, yang menandai lokasi dimana anda berada, dan akan berubah bentuk seperti ujung panah dan bergerak ketika anda berpindah tempat.

  5. Berjalanlah ke tempat dimana Anda akan menandai GPS. Jika telah sampai, klik Menu BB, pilih “Send Location”. Saya biasanya mengirim ke Email saya sendiri, agar bisa terdokumentasi, namun anda juga bisa mengirimkan ke tempat lain, sesuai pilihan yang tersedia.

Tips:
Jika sudah pernah membuka Maps, dan memerlukan waktu sangat lama untuk mendapatkan signal satelit, lakukan langkah sebagai berikut: setelah membuka Maps, klik Menu BB, pilih “Close”, lalu buka lagi Maps, klik Menu BB, pilih “Start GPS Navigation”.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Blog » Blogging » Menandai GPS dengan Blackberry

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 20 Maret 2017. Tag: ,