Membuat Foto Dari Video dengan Cara Mudah

Home » Blog » Mac » Membuat Foto Dari Video dengan Cara Mudah
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Ada kalanya kita memerlukan membuat beberapa buah foto dari video yang kita rekam. Bisa jadi foto yang diambil pada sebuah tempat atau obyek ternyata kurang lengkap, kurang bagus kualitasnya, atau memang ada bagian dari klip video yang tak sempat atau lupa dipotret.

Meski kualitas foto yang diambil dari video lebih rendah dibandingkan yang diambil dengan kamera DSLR, namun masih lebih baik ketimbang tidak ada. Lagi pula ada banyak orang yang tak punya waktu untuk melihat video, sehingga membuat foto tak bergerak bisa sangat membantu.

Membuat foto dari video dengan cara yang mudah salah satunya adalah dengan menggunakan perangkatlunak MPEG Streamclip. MPEG Streamclip dari squared5.com merupakan sebuah movie file utility gratis yang praktis dan sangat bermanfaat. Bagusnya, MPEG Streamclip tersedia dalam versi Mac dan PC.

Untuk Mac, silahkan unduh MPEG Streamclip pada tautan di atas. Klik ganda file unduhan, seret MPEG Streamclip.app ke Aplications, dan klik ganda ikon MPEG Streamclip.app untuk membukanya.

Cara membuat foto dari video dengan MPEG Streamclip cukup mudah. Ikuti langkahnya sebagai berikut ini:
Tekan command+F (Ctrl+F untuk PC) untuk membuka klip video yang hendak dibuat fotonya. Klik ganda pada file yang hendak dibuka.
membuat foto dari video

Cari dan tetapkan frame video yang hendak dibuat fotonya. Gunakan ikon di pojok kanan bawah untuk memindahkan video dari frame ke frame, ke depan atau ke belakang
membuat foto dari video

Klik File > Export Frame pada menubar MPEG Streamclip
membuat foto dari video

Selanjutnya tinggal pilih Frame Size yang dikendaki, misalnya Unscaled. Pilih format foto yang dikehendaki: JPEG, TIFF atau PNG. Pilih Quality fotonya dengan menggeser slider ke kanan dan ke kiri. Perhatikan atau pilih direktori dimana file akan disimpan. Tekan OK setelah puas dengan pilihan yang dibuat. Selesai.

Anda juga bisa membuat foto dari video dengan menggunakan QuickTime Player versi Pro. Software yang digunakan dalam contoh ini adalah QuickTime Player 7.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka file video yang hendak dibuat fotonya (command+O)
  2. Cari dan tetapkan frame yang hendak dibuat fotonya
  3. Pada menu QuickTime Player, klik Edit > Copy (atau command+C)
  4. Buka aplikasi Preview, dan tekan command+N
  5. Klik File > Save As…
  6. Pilih format JPEG, TIFF atau PNG. Klik Save. Selesai

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »