Membatasi Post Revisions di Wordpress

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!.

Jika Anda termasuk orang yang rajin dalam memperbarui tulisan yang teah diterbitkan, atau banyak melakukan perubahan pada tulisan yang Anda buat di WordPress, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membatasi jumlah maksimum post revisions di setiap tulisan itu.

Jika tulisan Anda ratusan, maka bisa jadi jumlah post revisions di database telah mencapai angka ribuan. Jika tidak ada pembatasan pada jumlah post revisions, semakin banyak Anda menulis artikel maka semakin membengkak pula jumlah post revisions yang ada di blog Anda.

Sayangnya WordPress sendiri tidak menyediakan menu yang memungkinkan pengguna untuk secara mudah membatasi jumlah Post Revisions, meskipun permintaan untuk menyediakannya tampaknya sudah banyak disampaikan oleh para blogger.

Harap dipahami, membatasi jumlah post revisions memang tidak mempercepat pembukaan halaman, karena WordPress tidak memanggil post revisions saat pengunjung membuka halaman blog Anda. Namun jumlah revisions yang tak terkendali akan membuat ukuran database Anda dengan sendirinya cepat menjadi gemuk.

Menggunakan plugin Revisions Control adalah salah satu cara yang mudah untuk membatasi post revisions di WordPress. Setelah instal plugin, Anda tinggal memilih dari menu yang tersedia untuk menentukan jumlah maksimum post revisions yang Anda inginkan di seluruh tulisan. Tiga sampai lima post revisions mungkin cukup memadai.

Dengan menggunakan Revisions Control Anda juga bisa menghapus post revisions terdahulu yang tidak lagi diperlukan. Sayangnya plugin ini tidak menyediakan menu untuk menghapus sekaligus post revisions di seluruh artikel.

Anda juga bisa mengubah jumlah maksimum post revisions pada masing-masing tulisan yang akan menimpa pengaturan global. Dengan demikian, tulisan yang Anda anggap penting bisa Anda tambah jumlah maksimum post revisions-nya.

Cara lain untuk membatasi post revisions di WordPress adalah dengan menyelipkan kode pembatas post revisions di wp-config.php Anda. File ini berada di direktori utama instalasi WordPress Anda. Kelemahan cara ini adalah Anda harus menyelipkan kode ini kembali setiap kali memperbarui versi WordPress.

Untuk membatasi post revisions, selipkan kode pembatas di bawah ini di bawah kode define lainnya yang ada pada file wp-config.php:

define('WP_POST_REVISIONS', 3);

Anda tinggal mengganti angka 3 di atas dengan jumlah maksimum post revisions yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.



Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Blog » WordPress » Membatasi Post Revisions di WordPress
Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »