Melakukan Defer parsing of JavaScript

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan Page Speed Grade di situsweb GTmetrix adalah Defer parsing of JavaScript. Melakukan Defer parsing of JavaScript bisa meningkatkan kecepatan loading halaman blog, dengan cara mengurangi script yang bisa memblokir pembukaan halaman.

Membuat website agar lebih cepat dibuka oleh pengunjung merupakan usaha yang harus selalu dilakukan oleh blogger untuk memberi pengalaman menyenangkan bagi mereka, dan untuk mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google. Hal yang selalu diimpikan oleh semua blogger.

Berikut adalah salah satu cara untuk melakukan Defer parsing of JavaScript, sebagaimana yang diminta oleh GTmetrix untuk memperbaiki kecepatan loading halaman.

  1. Buka functions.php
  2. Sisipkan kode berikut ini ke dalam functions.php

    function optimize_jquery() {
    if (!is_admin()) {
    wp_deregister_script('jquery');
    wp_deregister_script('jquery-migrate.min');
    wp_deregister_script('comment-reply.min');
    $protocol='http:';
    if($_SERVER['HTTPS']=='on') {
    $protocol='https:';
    }
    wp_register_script('jquery', $protocol.'//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.9.0/jquery.min.js', false, '3.6', true);

    wp_enqueue_script('jquery');
    }
    }
    add_action('template_redirect', 'optimize_jquery');

  3. Save. Selesai. Bersihkan cache blog dan lihat hasil test di GTmetrix.com

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat


Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Blog » WordPress » Melakukan Defer parsing of JavaScript
Tag: ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »