Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran Gresik

Tidak banyak informasi yang diperoleh tentang Masjid Malik Ibrahim yang berada di Dusun Pesucinan, Desa Leran, Gresik, Jawa Timur ini. Dusun Pesucinan yang berukuran sekitar 200m x 200 m ini berada di tengah genangan air yang menyerupai kolam-kolam besar, sehingga berbentuk seperti sebuah pulau. Masjid Malik Ibrahim berada di tepian kolam besar di sebelah Timur dusun Pesucinan ini.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran adalah merupakan salah satu peninggalan Maulana Malik Ibrahim yang masih tersisa. Maulana Malik Ibrahim, yang juga dikenal sebagai Sunan Gresik dan Syekh Maulana Maghribi ini, adalah sosok yang sangat dihormati karena dianggap sebagai orang pertama yang berhasil meng-Islam-kan Tanah Jawa.

Sekitar 400 m sebelum Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran terdapat masjid lain yang baru selesai diperbaiki dan kelihatan cukup besar, sehingga saya mengira bahwa inilah Masjid Malik Ibrahim itu. Setelah sembahyang Jumat di masjid ini, barulah saya menyadari bahwa bukan ini yang saya tuju.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan LeranMasjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran memiliki gapura berbentuk persegi, lubang masuk berbentuk lengkung, dan sepasang ornamen simetris serta hiasan kaligrafi. Namun melihat bentuknya, tampaknya gapura ini tidak aseli lagi.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan LeranMasjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran memiliki atap bergaya limasan dengan puncak terbuat dari gerabah berukir yang cukup rumit. Menurut seseorang yang tengah berada di sana, gerabah yang berada di Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran ini semuanya masih aseli.

Leran adalah tempat dimana konon Maulana Malik Ibrahim pertama kali mendarat, dan di Leran pula Maulana Malik Ibrahim membangun sebuah pesantren yang diselesaikannya sebelum ia wafat.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan LeranMasjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran memiliki sebuah beduk yang diletakkan di teras samping. Bedug ini juga terlihat relatif baru.

Dalam dakwahnya, Maulana Malik Ibrahim dikenal akomodatif terhadap budaya masyarakat setempat, termasuk penggunaan bedug yang tidak dikenal di Arab, sehingga sosok dan ajaran-ajaran yang disampaikannya pun lebih mudah diterima.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan LeranMasjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran memiliki sebuah mimbar yang terbilang cukup unik. Mimbar yang menurut penuturan dibuat dari pilar-pilar Masjid Malik Ibrahim yang aseli ini terlihat penuh dengan berbagai macam ornamen.

Mimbar kayu ini merupakan satu-satunya benda menarik yang ada di dalam ruangan Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran ini.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan LeranMasjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran ini ruang utamanya boleh dikatakan kecil dan sederhana, dengan empat pilar kayu yang menyangga bagian tengah masjid. Tidak ada langit-langit kayu berukir indah, seperti yang saya lihat di Masjid Agung Al-Falah Kyai Mojo di Tondano.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan LeranMasjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran menyisakan sebuah mata air yang kabarnya masih aseli, yang sering disebut sebagai Pesucinan. Lokasi mata air yang digunakan untuk berwudhu ini berada di samping kiri masjid.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan LeranMasjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran dengan latar belakang masjid yang sempat saya singgahi sebelumnya, serta sebagian dari kolam alam yang terlihat di sebelah kanan.

Saya melewati jalan yang sedikit memutar untuk menuju ke Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran ini, dan jalannya pun sedikit sempit serta tidak beraspal. Dengan data GPS yang ada di bawah ini, anda bisa menemukan rute yang terpendek jika ingin berkunjung ke Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran.

Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran

Alamat : Dusun Pesucinan, Desa Leran, Gresik, Jawa Timur. Lokasi GPS : -7.1252939, 112.5898808, Waze. Rujukan : Peta Wisata Gresik, Tempat Wisata di Gresik, Hotel di Gresik

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Gresik » Masjid Malik Ibrahim Pesucinan Leran Gresik
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap