Masjid Langgar Agung Pangeran Diponegoro Magelang

Masjid Langgar Agung Pangeran Diponegoro Magelang berada di Desa Menoreh, Kecamatan Salaman, Magelang, sekira 100 meter dari tepi jalan raya Borobudur-Salaman.

Saat Perang Jawa, daerah sekitar masjid merupakan hutan belantara, dan ketika Pangeran Diponegoro hendak berunding dengan Belanda di Magelang maka dibuatlah tatanan batu untuk dasar sholat di tempat ini oleh Pasukan Pangeran Diponegoro.

Atas prakarsa Jenderal Sarwo Edi Wibowo, pada paruh kedua tahun 1960-an dimulai pembuatan pondasi masjid dengan pengimaman berada di atas tatanan batu yang didirikan oleh pasukan Pangeran Diponegoro itu.

Pembangunan masjid selesai tahun 1972 dan diresmikan oleh gubernur Jawa Tengah. Di dalam Masjid Langgar Agung Diponegoro disimpan peninggalan Al-Quran tulisan tangan Pangeran Diponegoro

Masjid Langgar Agung Pangeran DiponegoroAlamat : Desa Menoreh, Kecamatan Salaman, Magelang. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Masjid Langgar Agung Pangeran Diponegoro Magelang

By Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.