Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Kubah Emas Depok, sebutan populer bagi Masjid Dian Al-Mahri, tidak diragukan lagi adalah merupakan salah satu masjid terbesar dan paling agung di negeri ini, dan bahkan di kawasan Asia Tenggara. Masjid besar di tanah air lainnya yang pernah saya kunjungi adalah Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, dan Masjid Al Akbar Surabaya.

Jika ketiga masjid yang disebut terakhir itu dana pembangunannya sebagian besar berasal dari anggaran pemerintah dan ketiganya tidak ada yang memiliki kubah emas, maka Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri dibangun dengan dana pribadi, yaitu oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, seorang pengusaha wanita yang berasal dari daerah Banten.

Kecintaan orang kepada Yang Mahakuasa dan Rasulnya mungkin merupakan salah satu motivasi yang kuat untuk membelanjakan uang dalam jumlah begitu besar untuk membangun Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri Depok yang sangat mengagumkan ini. Meskipun cinta jarang buta, namun cinta (dan benci) memang memberi bentuk terhadap dunia ini.

masjid kubah emas depok
Masjid Kubah Emas Depok terlihat sangat cantik dilihat dari jalan simpang yang ada di dalam kompleks. Walaupun gerbang masuk ke masjid terletak tepat di pinggiran Jl. Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Cinere, Depok, namun lokasi masjidnya terletak jauh di dalam kompleks yang asri seluas 50 hektar dengan banyak ruang terbuka.

Eloknya dari tepian jalan hingga sampai ke Masjid Kubah Emas ada lintasan pejalan kaki yang rapi dan nyaman, melewati kebun bunga dan buah-buahan di kiri kanan jalan. Kubah utama masjid bentuknya menyerupai kubah Taj Mahal, diameter dasarnya 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter, dilapis emas mosaik padat setebal 2-3 mm.

masjid kubah emas depok
Pemandangan ruang utama Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri yang berukuran 45 x 57 meter yang menampung 8.000 jamaah. Keseluruhan masjid berukuran 60 x 120 meter yang mampu menampung 20.000 jamaah. Pilar-pilar masjid terlihat kokoh meski langit-langitnya tidak terlalu tinggi, namun mihrab dan dalam kubahnya sangat menarik.

Ornamen di atas ruang imam, pagar di lantai dua dan karya kaligrafi yang menempel di langit-langit, semuanya dilapis emas 18 karat. Lampu kristal Masjid Kubah Emas juga sangat indah, dan didatangkan dari Itali. Langit-langit pada dalaman kubah dicat dengan lukisan langit biru dan awan putih yang memberi kesan luas dan sejuk.

masjid kubah emas depok
Lampu kristal yang berukuran sangat besar dan menggantung di langit-langit kubah utama Masjid Kubah Emas ini terlihat sangat cantik. Untuk mendapatkan bidang terluas, saya merebahkan diri tubuh tepat di bawah lampu. Begitupun cara itu masih belum cukup untuk mendapatkan bagian atas dan bawahnya, meski sudah menggunakan lensa 14mm.

Seluruhnya ada enam buah menara yang dimiliki Masjid Kubah Emas. Menara setinggi 40-meter itu berbentuk segi enam, yang dimaksudkan sebagai lambang Rukun Iman yang jumlahnya enam. Kubah-kubah kecil di puncak menara masjid juga dilapis dengan emas mosaik padat 24 karat sehingga terlihat cantik dan serasi dengan kubah utamanya.

Masjid Kubah Emas juga memiliki 4 kubah yang berukuran lebih kecil, dengan dimater bawah 6 meter, diameter tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Pekerjaan pembangunan masjid dimulai pada 2001, selesai pada akhir 2006, dan dibuka untuk umum pada 31 Desember 2006, bertepatan dengan Hari Raya Iedul Adha ke-2 yang jatuh pada tahun yang sama.

Di dunia konon hanya ada 6 masjid Kubah Emas, selain Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, yaitu Masjid Sunehri Lahore, Masjid Sultan Singapura, Masjid Omar Ali Saifuddin dan Masjid Bandar Seri Begawan Brunei, Masjid Al-Askari Samara-Iraq, dan Masjid Qubbah As-Sakhrah (Kubah Karang) Jerusalem. Oleh karenanya, luangkan waktu untuk berkunjung.

Masjid Kubah Emas Depok

Alamat : Jl. Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Cinere, Depok. Lokasi GPS : -6.383524, 106.768759, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Depok, Hotel di Depok, Peta Wisata Depok. Galeri (15 foto) Masjid Kubah Emas Depok : 1.Sangat cantik, 2.Ruang utama, 3.Lampu kristal, 4.Kubah Emas, 5.Kebun Bunga 6.Tampak Muka 7.Taman Masjid 8.Mihrab 9.Pilar … s/d 15.Mencorong.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Depok » Masjid Kubah Emas Depok
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap