Masjid Empang Bogor

Masjid Empang Bogor, yang nama resminya adalah Masjid An-Nur Tauhid, didirikan tahun 1828 M oleh Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas dengan dukungan beberapa ulama lain. Gaya bangunan masjid bercorak Timur Tengah dengan menara tunggal.

Di dalam kompleks Masjid Empang ada rumah seluas 200 m2 yang merupakan peninggalan Habib Abdullah, ulama asal Yaman yang menjadi karib Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas. Rumah itu menyimpan benda-benda peninggalan Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas, yaitu gamis, sorban, tempat tidur, dan tongkat. Di rumah ini ada kamar khusus untuk zikir, dan 100 kitab agama dari jumlah semula 850 buku.

Diantara kitab karangan Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas adalah Faturrabaniah, Ratibul Ahtas dan Ratibul Hadad. Dua kitab terakhir diajarkan setiap magrib secara rutin kepada murid-muridnya ketika ia masih hidup.

Dengan banyaknya peziarah, terutama selama bulan Ramadhan, membuat kawasan Masjid Keramat Empang menjadi pusat perdagangan perlengkapan ibadah, juga kuliner Timur Tengah. Di Kompleks Masjid Empang jenazah Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas dimakamkan, juga disana terdapat makam anak-anaknya.

Masjid Empang BogorAlamat : Jalan Masjid No 2, Kelurahan Empang, Bogor. Lokasi GPS : -6.608708, 106.795982, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Masjid Empang Bogor

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.