Masjid Andalusia Sentul

Beberapa minggu lalu ketika kebetulan tengah berada di kawasan sekitar Sentul City saya sempat mampir selama beberapa saat di Masjid Andalusia Sentul. Ini sebuah masjid relatif baru yang lokasinya berada di kawasan kampus STEI TAZKIA, Sentul City. Sepintas bangunan masjid terlihat cukup elok dilihat dari luar.

Halaman Masjid Andalusia Sentul cukup luas dan mudah untuk menemukan tempat parkir. Hanya saja langit gelap, sehingga saya harus bergegas mengambil foto dari luar dan segera masuk ke masjid. Benar saja, sejenak setelah berada di dalam masjid, hujan pun turun dengan deras.

Daerah Sentul memang masih relatif lebih sering diguyur hujan ketimbang wilayah Jakarta, mungkin karena masih lebih dekat ke Bogor dan daerahnya juga banyak perbukitan. Hanya saja dengan menjamurnya perumahan di kawasan ini, hingga sampai ke puncak-puncak perbukitan, cepat atau lambat akan merubah iklim di sana.

masjid andalusia stei tazkia sentul
Keempat menara, kubah dan ornamen, serta bentuk bangunan masjid memang menyerupai salah satu masjid yang berada di Andalusia, Spanyol, meskipun bukan Masjid Agung Andalusia peninggalan bangsa Moor yang sekarang telah berubah menjadi Gereja Katedral Kristen Katolik Roma.

Selain Masjid Andalusia, ada pula Gedung Qordova sebagai pusat belajar mengajar, dan Aula Al-Hambra yang berada di bawah masjid sebagai tempat acara besar kampus, semuanya dibawah Yayasan Tazkia yang dipimpin oleh M. Syafii Antonio. Untuk membangun sebuah lembaga pendidikan yang baik memang diperlukan sarana pendukung dan fasilitas yang memadai, selain tentunya sumber daya manusia, terutama para pengajar dan pendidiknya, serta standar sistem yang baik.

masjid andalusia stei tazkia sentul
Bagian mihrab Masjid Andalusia Sentul. Ruangan utama Masjid Andalusia Sentul ini dicapai dengan menaiki tangga dengan sekali belokan ke kanan dimana terdapat tempat berwudhu, dan lalu menaiki tangga lagi yang cukup tajam untuk sampai di lantai ini.

Selain ornamen yang berada di sekitar mihrab, dinding ruangan masjid lainnya tampak masih polos. Sepi. Belum ada hiasan kaligrafi atau ornamen yang memperindah ruangan. Masjid ini nampaknya belum selesai benar dikerjakan, masih jauh dari kesan agung yang melekat pada nama Andalusia yang menjadi pengingat kejayaan pemerintahan Bani Umayyah di wilayah Spanyol.

masjid andalusia stei tazkia sentul
Ornamen pada bagian dalam langit-langit kubah utama masjid. Cukup indah, namun belum cukup untuk mampu membunyikan decak kagum pengunjung terhadap masjid ini.

Kemegahan dan keanggunan sebuah tempat ibadah umumnya bergantung pada dua hal, desain dan ketersediaan biaya. Membuat desain yang baik pun tentu tidak murah, namun lebih baik memiliki desain yang baik dan kemudian membangun secara bertahap sesuai ketersediaan dana.

masjid andalusia stei tazkia sentul
Salah satu sisi pada ruangan utama Masjid Andalusia, memperlihatkan lorong akses di sebelah kanan yang menuju arah keluar melalui turunan dan lalu belok ke kiri. Pada dinding tepian balkon di atas dihias dengan kaligrafi memanjang dengan pagar warna keperakan di atasnya.

Semoga saja ketika Anda berkunjung ke masjid ini suatu saat ini sudah lebih banyak lagi ornamen yang dipasang di dalam ruangan masjid. Semoga juga suatu saat nanti Masjid Andalusia Sentul ini bisa menjelma menjadi masjid yang sangat elok, bukan saja secara fisik, namun juga secara spritual mampu melahirkan para pemikir dan budayawan Islam nusantara yang besar dan mumpuni.

Geleri (9 foto) Masjid Andalusia STEI Tazkia di Sentul City : 1.Depan, 2.Ruang Utama, 3.Lelangit, 4.Akses, 5.Menara, 6.Ornamen, 7.Elok, 8.Allah, 9.Sisi Samping.

Masjid Andalusia Sentul

Alamat : Jl. Ir. H. Djuanda No. 78 (Sentul City), Bogor. Telp 021 87961800. Lokasi GPS : -6.5684301, 106.8465954, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Bogor Kabupaten » Masjid Andalusia Sentul
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 22 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap