Masjid Al Anshor Jakarta

Masjid Al Anshor Jakarta adalah masjid yang disebut sebagai masjid tertua di seluruh Kota Jakarta. Lokasi Masjid Al Anshor kini seolah terjepit di sebuah gang kecil bernama Jl. Pengukiran II atau Gang Koja, tak jauh dari Jl. Pejagalan Raya, Jakarta Barat.

Keberadaan Masjid Al Anshor diketahui dari mesigit atau laporan seorang pendeta kepada Dewan Gereja pada 1648, yang menyebutkan adanya masjid dan sekolah agama Islam untuk belajar mengaji di Kampung Pekojan. Masjid yang disebutkan itu adalah Masjid Al Anshor.

Halaman dan pemakaman, termasuk makam pendiri masjid, yang dulu ada di sekitar masjid kini sudah tidak ada lagi. Masjid yang yang dibangun oleh para pedagang pendatang keturunan Gujarat dan Bengal ini berukuran sekitar 12 x 12 m.

Masjid Al Anshor telah mengalami renovasi setidaknya pada 1973 dan 1985, sehingga sulit untuk mengetahui bagian mana yang masih asli di masjid ini.

Yang masih asli konon adalah jendela berkisi, pintu, dan palang kayu pada atap. Keeempat tiang penyangganya ada yang mengatakan masih asli, ada juga yang menyebut sudah diganti baru.

Masjid Al Anshor tidak memiliki kubah, dan atapnya berbentuk limasan dengan penutup genteng.

Masjid Al Anshor Jakarta

Alamat : Jl Pengukiran II, Pekojan, Jakarta Barat.
Lokasi GPS : -6.138851, 106.805784, Waze ( smartphone Android dan iOS ).
Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Barat.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jakarta » Jakarta Barat » Masjid Al Anshor Jakarta
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 4 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap