Maliq & d’Essentials di JakJazz

Maliq & d’Essentials merupakan salah satu dari beberapa penampil asik di perhelatan JakJazz yang menyedot ratusan penikmat yang memadati Panggung Terbuka 1 di sayap kiri Istora Senayan, Jakarta, pada pertunjukan Jumat malam. Penampilan Maliq & d’Essentials baru dimulai pada pukul 11 malam, tepat setelah Curtis King dan band pengiringnya menyelesaikan pertunjukannya.

Waktu pertunjukannya sedikit membuat kami berada dalam keadaan dilematis, karena telah membeli tiket pertunjukan khusus yang berlangsung pada waktu hampir bersamaan. Hanya ada ruang waktu sekitar 15 menit diantara kedua pertunjukan itu, namun kami menonton sampai jam 11.30 malam sebelum akhirnya meninggalkan panggung Maliq & d’Essentials.

Saat itu belum ada pikiran untuk membawa kursi lipat yang selain dipakai sebagai tempat duduk juga bisa dipakai landasan untuk memotret, melewati kerumunan kepala orang banyak. Karenanya kami memanjat ke atas sebuah bidang terbuka di dekat pujasera untuk mendapatkan pandangan terbaik ke arah panggung pertunjukan.

maliq & d'essentials jakjazz jakarta
Panggung Maliq & d’Essentials dengan atap melengkung dengan sistem suara dan tata cahaya yang sangat baik. Soal pertunjukan musik, Jakarta tampaknya sudah memiliki standard panggung dan sound system yang sangat baik.

Penonton terlihat memadati bagian depan panggung yang membuat saya memilih untuk menonton dari jarak jauh dan kemudian memasang lensa tele untuk mendapat foto pemain yang lebih dekat. Dengan cara ini saya bisa lebih menikmati suasana pertunjukan secara keseluruhan, ketimbang berada dekat panggung dengan jangkau pandang terbatas, serta suara musik yang tentunya akan terdengar sangat keras.

maliq & d'essentials jakjazz jakarta
Ini memang grup musik anak muda, dan penggemarnya pun karenanya sebagian besar juga anak muda karena warna musik dan lirik yang sesuai dengan karakter mereka. Adanya satu personil wanita, Indah, membuat suasana panggung tak terlalu garing dipenuhi para pria.

Personil Maliq & d’Essentials yang tampil di JakJazz ketika itu adalah Angga (vokalis), Indah (vokalis), Widi (drum), Strio (gitar), Dendy (bas), Rif’at (kibor), and Amar (terompet). Musik yang dibawakan Maliq & d’Essentials tampaknya diterima dengan sangat baik, khususnya oleh kaum muda yang banyak terlihat dalam kerumunan penonton malam itu. Maliq & d’Essentials telah merilis album terbaru mereka tahun ini yang berjudul Free Your Mind with Heaven yang menjadi lagu utama dalam album. Setahun sebelumnya Maliq & d’Essentials merilis 1st Maliq n d’Essentials Special Edition.

maliq & d'essentials jakjazz jakarta
Penampilan Maliq & d’Essentials pada malam itu bagi saya terlihat agak serius, berbeda nuansanya dengan penampilan Syaharani yang lebih santai dan banyak menebar senyum. Barangkali juga karena saya mungkin agak terlalu tua untuk bisa menikmati jenis musik yang mereka mainkan.

Nama depan Maliq & D’Essentials adalah merupakan kependekan dari kata Music And Live Instrument Quality. Sejak penampilan pada hajatan JakJazz (Jakarta International Jazz Festival) pada tahun 2005, memang nama mereka semakin terkenal di kalangan anak muda Jakarta.

maliq & d'essentials jakjazz jakarta
Angga dan Indah berkolaborasi menyanyikan sebuah lagu. Uap dari dry ice dan tata lampu yang baik membuat panggung pertunjukan mereka terkesan lebih hidup dan berwarna. Salah satu ciri khas grup ini adalah perpaduan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam lirik lagu-lagunya.

Grup musik anak muda yang lahir pada 2002 ini sedikitnya telah mengeluarkan enam album: 1st, Free Your Mind, Mata Hati Telinga, The Beginning Of A Beautiful Life, Sriwedari dan Musik Pop. Dari 2004 hingga 2010 mereka menggunakan Warner Music Indonesia, dan lalu berpindah ke Organic Records dari 2010 hingga sekarang.

Personil Maliq & D’Essentials yang aktif saat ini adalah Angga – Vokal (2002-sekarang), Indah – Vokal (2002-sekarang), Jawa – Bass (2002-sekarang), Widi – Drum (2002-sekarang), Lale – Gitar (2008-sekarang), dan Ilman – Kibor (2011-sekarang). Personil yang pernah bergabung dengan mereka adalah Dimi – Vokal (2002-2006), Satrio – Gitar (2002-2007), Amar – Trompet (2002-2010), dan Ifa – Keibor (2002-2011).

Maliq & d’Essentials

Alamat : Ruko Kebayoran Arcade Blok C1 No. 5, Jl Bintaro Utama, Bintaro Sektor 7, Tangerang. Tel/Fax: (+6221) 74870765 atau (+6221) 74870919. Galeri : 10 foto. Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Selatan. Galeri (10 foto) Maliq & d’Essentials : 1.Panggung, 2.Anak Muda, 3.Serius, 4.Indah, 5.Angga, 6.Elok, 7.Bias, 8.Padat, 9.Enerjik, 10.Blend.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Blog » Seni Budaya » Maliq & d’Essentials di JakJazz
Tag : , , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 29 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap