Makam Prof Kostermans Bogor

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!

Makam Prof Kostermans Bogor berada di kompleks Kebun Raya Bogor, tepatnya di area Makam Belanda, sekitar 100 m dari Kantor Pos Kebun Raya Bogor, arah ke Utara. Prof. Kostermans adalah pakar botani Belanda dan Indonesia, yang lahir di Purworejo pada 1 Juli 1906, dan meninggal di Jakarta pada 10 Juli 1994, di usia 88 tahun.

Ia memperoleh gelar doktor dari Universitas Utrecht, Belanda, pada 20 Januari 1936 dengan penelitian berjudul Studies in South American Malpighiaceae, Lauraceae and Hernandiaceae, Especially of Surinam dibawah bimbingan Prof. August Adriaan Pulle.

Prof Dr. Andre Joseph Guillaume Henri Kostermans memiliki minat besar pada Lauraceae, beberapa suku Malvales (Bombacaceae dan Sterculiaceae), Dipterocarpaceae, serta Anacardiaceae. Prof Kostermans dikenal sangat produktif dalam menerbitkan tulisan di berbagai media. Sebagian besar karyanya adalah mengenai flora Asia Tenggara. Ia berjasa dalam membesarkan nama Herbarium Bogoriensis.

Prof Kostermans memilih tetap lajang seumur hidupnya, namun memiliki banyak anak asuh, seperti Prof. Dr. Mien Rifai (pakar mikologi) dan Dr. Soegeng Reksodihardjo (pakar botani). Setelah menjadi WNI dan memeluk agama Islam, Prof Kostermans menggunakan nama Achmad Jahja Goh Hartono Kostermans.

Untuk menghormatinya, satu nama marga dari suku Malvaceae diberi nama Kostermansia, juga beberapa spesies tumbuhan, seperti Cryptocarya kostermansiana (Lauraceae). Prof. Kostermans meninggal dunia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, setelah sebelumnya sempat terkena serangan jantung.

Makam Prof Kostermans Bogor

Alamat: Kebun Raya Bogor, Jl. Paledang No. 35, Bogor. Lokasi GPS: -6.599375, 106.794775, Waze. Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.


Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Jawa Barat » Bogor Kota » Makam Prof Kostermans Bogor

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 1 April 2017.

Lalu «
Baru » »