Makam Patih KRA Sosronagoro

Adalah Pak Jum yang menyarankan saya mampir sejenak ke bangunan Makam Patih KRA Sosronagoro yang berada di daerah Manang, Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Entah karena memang terlewati dalam perjalanan ke lokasi berikutnya, atau memang ia telah mengetahui tentang makam itu sebelumnya. Bagaimana pun perlu diconb.

Pak Jum menghentikan kendaraan di pojok pertigaan sebuah jalan. Jalan itu merupakan terusan dari Jl. Raya Songgolangit yang berawal di Jl Slamet Riyadi. Gerbang Makam Patih KRA Sosronagoro yang ditembok keliling itu ada di pojokan jalan, dan tidak dikunci.

Pak Jum tidak menyebut siapa yang dimakamkan di tempat itu. Ia tak tahu pasti. Penghuni makam baru saya ketahui setelah bertemu dengan kuncen yang tengah memberi layanan pijat kepada seorang tamu perempuan yang rupanya sudah menjadi langganannya di sebuah bangsal terbuka.

makam patih kra sosronagoro
Di sebelah kiri pada foto adalah bangsal dimana kuncen tengah memijat pelanggannya, sedang di sebelah kanan adalah bangunan dimana Makam Patih KRA Sosronagoro, serta beberapa makam lainnya, berada.

Kuncen itu bernama Sarmanto, dengan nama dan gelar R.Ng. Padmo Hastono yang keraton anugerahkan kepadanya. Menurut penuturannya, KRA Sosronagoro yang wafat pada 1828 itu adalah patih PB IX, dan dimakamkan bersebelahan dengan bapak dan ibunya. Sang ayah bernama Raden Panji Wiryodipuro.

Lantaran tengah sibuk dan asik memijat betis si wanita pelanggannya yang rupanya sudah lama tak berkunjung, kuncen mempersilahkan saya masuk sendiri ke dalam bangunan makam.

makam patih kra sosronagoro
Pada serambi bangunan terdapat beberapa buah kubur yang rupanya adalah makam dari keluarga sang patih. Ada juga yang tempat yang sudah ditandai namun belum diisi.

Tulisan di dekat pintu berpagar kisi besi bercat hijau kuning berbunyi “Padupan”, atau tempat pedupaan, tempat peziarah membakar dupa. Memang di lantai di bawah tulisan itu disediakan tempat untuk membakar dupa.

Ketika saya coba dorong pintu berkisi itu ternyata tidak dikunci, dan dengan mudah saya pun menyelinap masuk ke area utama bangunan dimana Makam Patih KRA Sosronagoro berada.

makam patih kra sosronagoro
Melewati pilar yang tebal, di ujung sana terdapat Makam Patih KRA Sosronagoro berdampingan dengan isterinya. Foto mereka berdua terlihat menempel pada dinding. Sebuah catatan menyebutkan bahwa KRA Sosronagoro adalah patih yang terkenal bijaksana serta berpengetahuan luas, dan karena itulah ia dihormati, meski sudah meninggal.

Peziarah dari berbagai daerah biasanya datang pada malam Jumat dan Selasa Kliwon untuk tirakat dan ngalap berkah. Di Solo terdapat Candi Mangkubumen yang dibangun oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sekitar tahun 1840. Lokasi candi adalah tempat ditanamnya ari-ari KRA Sosronagoro.

Makam KRA Sosronagoro

Alamat : Manang, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.58744, 110.78816, Waze. Galeri : 4 foto. Rujukan : Peta Wisata Sragen, Tempat Wisata di Sragen, Hotel di Solo. Galeri (4 foto) Makam Patih KRA Sosronagoro Sukoharjo : 1.Pilar tebal, 2.Sepasang Makam, 3.Serambi bangunan, 4.Bangsal.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Sukoharjo » Makam Patih KRA Sosronagoro
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 16 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap