Makam Pangeran Wijayakusuma Jakarta

Lokasi Makam Pangeran Wijayakusuma Jakarta ini semula dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Makam Keramat Pangeran Wijayakusuma yang meninggal pada abad ke 17. Makam Pangeran Wijayakusuma memiliki arsitektur bergaya Melayu Islam.

Pangeran Wijayakusuma merupakan salah seorang Penasihat dan Panglima Perang di masa kejayaan Pangeran Jayakarta, penakluk Sunda Kelapa.

Ia berjuang dan berperang melawan tentara VOC Belanda di Jayakarta sekitar abad ke 17, dan dikenal sebagai ulama yang bijak.

Konon Pangeran Wijaya masih keturunan Sunan Kalijaga dari Kadilangu. Ia hijrah ke Jayakarta setelah Kadilangu diserang Panembahan Senopati.

Makam Pangeran Wijayakusuma pertama kali dipugar oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta pada 22 Juni 1968, dan dipugar kembali oleh Walikotamadya Jakarta Barat pada 28 Juli 1989, dan dipugar kembali pada 2003.

Makam Pangeran Wijayakusuma

Alamat : Jl. P. Tb. Angke, Kelurahan Wijayakusuma, Kecamatan Petamburan, Jakarta Barat.
Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Barat.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jakarta » Jakarta Barat » Makam Pangeran Wijayakusuma Jakarta
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 4 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap