Mac: Paksa Keluarkan Hard Disk Eksternal

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!.

Bukan merupakan hal baru jika mengalami masalah ketika mencoba mengeluarkan hard disk eksternal di MacBook, dan gagal, lalu muncul pesan “one or more programs may be using it.” Jika pun mencoba mengeluarkannya dengan memakai Utilities, akan muncul pesan lain dan gagal juga. Meski jengkel, tentu tak dianjurkan untuk mencabutnya begitu saja karena bisa menyebabkan masalah pada hard disk.

Mungkin Anda sudah lupa bagaimana cara paksa keluarkan hard disk eksternal saat terakhir kali mengalami masalah ini. Jika demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkannya secara aman tanpa menyebabkan masalah atau kerusakan pada hard disk atau hard drive.

Tips pertama adalah jangan terburu nafsu, jangan cepat jengkel. Setelah klik ikon untuk eject hard disk eksternal, tunggu beberapa saat. Jangan tak sabar karena mengira tak ada respons, lalu tekan lagi ikon eject. Jika ini dilakukan, MacBook bisa tak membaca hard disk saat dipasang kembali.

Log Out

Cara yang pertama untuk keluarkan hard disk adalah dengan Log Out, yaitu klik logo Apple di pojok kiri atas lalu klik Log Out pada baris terbawah. Setelah keluar lalu log in kembali. Buka finder dan coba keluarkan hard disk-nya.

Shut Down

Jika masih gagal juga untuk paksa keluarkan hard disk eksternal, Anda bisa mematikan komputer dengan klik logo Apple di pojok kiri atas, lalu klik “Shut Down”. Cabut eksternal hard disk dari MacBook dan nyalakan kembali komputernya.

Sebelum menggunakan kedua cara di atas Anda bisa mencoba terlebih dahulu untuk keluar dari semua program yang masih terbuka. Keluar juga dari email, karena mungkin sebelumnya pernah mengirim email dengan melekatkan gambar atau file ke email itu.

Untuk keluar dari semua program di OS X El Capitan, tekan tombol Command dan tekan tombol Tab untuk melihat semua aplikasi aktif. Pindah ke salah satu aplikasi dan tutup. Ulangi sampai semua aplikasi ditutup, dan coba keluarkan hard drive-nya.

Kadang Finder juga menjadi penyebab masalah ini setelah misalnya memakai QuickLook untuk melihat sebuah file. Anda bisa keluar dari Finder dengan memakai Activity Monitor, atau bisa memakai Quit command dengan memakai utility seperti TinkerTool.

Jika ada user lain yang sedang menggunakan eksternal hard disk, Log out user yang sedang menggunakan hard disk itu lalu coba keluarkan lagi. Jika gagal, log in sebagai user itu, dan coba keluarkan hard disknya.



Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Blog » Mac » Mac: Paksa Keluarkan Hard Disk Eksternal
Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »