Kolam Cigugur Kuningan

Kolam Cigugur Kuningan merupakan tempat wisata alam yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi pelancong yang datang setelah mengunjungi kota Cirebon atau kota terdekat lainnya. Lokasi kolam ini hanya beberapa puluh meter saja sebelum bangunan Paseban Tri Panca Tunggal di Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Kolam Cigugur Kuningan

Alamat : Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Lokasi GPS : -6.967909, 108.456634, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Kuningan lainnya, Peta Wisata Kuningan, Hotel di Kuningan.

Jika diperbandingkan dengan Kolam Cibulan yang beberapa saat sebelumnya sempat kami kunjungi dengan pemandangan yang mengesankan, maka lingkungan Kolam Cigugur ini kesannya agak sedikit lebih kumuh, dan airnya pun tidak sejernih air di Kolam Cibulan.

Jika daya tarik utama Kolam Cibulan adalah bermain dengan Ikan Kancra Bodas dan mandi di kolam air dingin segar, maka daya tarik utama di Kolam Cigugur saat ini tampaknya adalah ‘terapi ikan’, dimana pengunjung mencelupkan kedua kakinya ke dalam kolam dan ikan-ikan kecil yang bernama Nilem Mangut berulang-ulang menggigit kulit kaki pengunjung sampai bersih.

tampak depan Kolam Cigugur
Tampak depan Kolam Cigugur yang terlihat sedikit kusut dan memerlukan penertiban dan penataan agar terlihat lebih elegan dan nyaman.

Perhatian pemerintah dan dinas terkait tentu diperlukan. Tidak dengan mengusir pedagang kaki lima namun memberi tempat yang layak dan mudah diakses pengunjung, sehingga baik pedagang maupun pengunjung akan senang. Tempat parkir yang tertata juga diperlukan.

loket masuk Kolam Cigugur
Loket masuk di bagian depan Kolam Cigugur, dimana pengunjung membayar Rp. 3.500 untuk dewasa, dan Rp. 2.500 untuk anak-anak.

Dengan tiket masuk yang relatif murah, Kolam Cigugur menjadi pilihan yang baik bagi kebanyakan keluarga sekitar untuk sekadar berekreasi di akhir pekan atau di hari libur nasional.

keadaan air Kolam Cigugur
Kolam Cigugur ini ukurannya jauh lebih lebar dan panjang jika dibandingkan dengan Kolam Cibulan, hanya saja sewaktu saya berada di sana tampaknya air Kolam Cigugur sudah digunakan selama beberapa hari, sehingga terlihat tidak begitu jernih.

terapi ikan di Kolam Cigugur
Kursi-kursi plastik pendek berwarna-warni adalah untuk tempat duduk bagi mereka yang ingin melakukan ‘terapi ikan’ Nilem Mangut selama mereka mau hanya dengan membayar Rp.3.500.

Gigitan Ikan Nilem Mangut di sekujur kaki yang direndam di dalam air kolam ini pada awalnya akan terasa perih dan geli, namun tidak lama kemudian pengunjung akan menjadi terbiasa dan setelah selesai maka kulit kaki akan terasa bersih dan segar.

ikan kancra bodas Kolam Cigugur
Pada mulanya Kolam Cigugur ini juga terkenal karena Ikan Kancra Bodas yang keberadaannya selain di Kolam Cigugur ini, hanya ada di Kolam Cibulan, serta di balong Darmaloka. Namun Kolam Cigugur belakangan menjadi lebih ramai karena ‘terapi ikan’ yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit rematik ini.

salah satu tepian Kolam Cigugur
Tepian Kolam Cigugur yang di beberapa bagiannya disesuaikan ketinggiannya agar pengunjung bisa duduk sambil merendam kakinya.

terapi ikan di Kolam Cigugur
Beberapa pengunjung tengah merendam kakinya untuk mendapat ‘terapi ikan’ di Kolam Cibubur. Ikan Nilem Mangut ini sebenarnya adalah makanan bagi Ikan Kancra Bodas. Adalah beberapa pemuda setempat yang secara tidak sengaja menemukan kegunaan Ikan Nilem Mangut itu ketika tengah berendam di Kolam Cibubur dan mereka digigiti oleh ikan-ikan itu.

Kolam Cigugur
Setelah berkeliling di Kuningan, tidak ada salahnya untuk mampir di Kolam Cigugur ini untuk sekadar berendam kaki, membersihkannya dari kulit kering dan mati dengan memanfaatkan gigitan puluhan Ikan Nilem Mangut. Sebelum pergi dari Kolam Cigugur jangan lupa untuk membeli tahu goreng khas Cigugur yang nikmat disantap selagi masih panas.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Kuningan » Kolam Cigugur Kuningan
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 28 Juni 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap