Kolam Cibulan Kuningan

Ini adalah kali kedua saya berkunjung ke Kolam Cibulan yang berada di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Kolam Cibulan yang terkenal karena Ikan Kancra Bodas (Cyprinus carpico) ini lokasinya berada sekitar tujuh kilometer dari Kota Kuningan, atau sekitar 20 kilometer dari pintu tol keluar Cirebon, 200 meter dari tepi jalan raya Cirebon – Kuningan.

Kolam Cibulan memang tidak bisa lepas dari Ikan Kancra Bodas, yang juga dikenal dengan sebutan Ikan Dewa. Ikan di Kolam Cibulan ini dikeramatkan oleh masyarakat, sehingga tidak ada yang berani mengambilnya karena takut mendapat musibah. Kolam Cibulan diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh R.A.A. Mohamand Achmad, Bupati Kuningan saat itu.

Di sudut kanan pemandian Kolam Cibulan terdapat tujuh mata air yang dikenal dengan nama Tujuh Sumur. Ketujuh mata air itu mengelilingi sebuah tempat yang konon merupakan petilasan Prabu Siliwangi. Bagi yang ingin berenang tersedia kamar ganti di samping kolam kedua yang berukuran 35×15 m dan berkedalaman 2 meter.

kolam cibulan kuningan
Tempat parkir Kolam Cibulan ini cukup luas, dengan deretan warung makan di sisi kanannya, serta kios-kios cindera mata dan benda-benda dapur serta keperluan rumah tangga lainnya berderet di samping sebelah kiri pintu masuk Kolam Cibulan.

Kolam pemandian air dingin Kolam Cibulan berukuran 45×15 meter, berada tepat setelah pintu masuk. Airnya jernih dengan tali pemisah antara kolam dangkal berkedalaman 60 cm dengan bagian yang berkedalaman 120 cm. Ikan Kancra Bodas di kolam ini jumahnya tidak terlalu banyak.

kolam cibulan kuningan
Di kios yang ada di sebelah kiri dan kanan kolam terbesar di Kolam Cibulan ini pengunjung bisa menyewa ban untuk berenang. Orang tua bisa duduk-duduk mengawasi sambil menikmati pemandangan Kolam Cibulan seraya mencicipi makanan dan jajanan setempat.

Beberapa Ikan Kancra Bodas di Kolam Cibulan ini terlihat cukup jinak dan sangat berani mendekati pengunjung yang bergerombol. Bahkan ada ikan berukuran cukup besar yang bisa diangkat oleh pengunjung dari dalam kolam selama beberapa saat sebelum dikembalikan kembali ke dalam kolam.

kolam cibulan kuningan
Sekumpulan Ikan Kancra Bodas di Kolam Cibulan tampak berenang-renang di dalam air yang sangat jernih. Jumlah ikan konon tidak pernah bertambah, atau berkurang, meskipun tidak ada yang tahu persis berapa jumlah seluruh Ikan Kancra Bodas yang ada di Kolam Cibulan ini.

Sempat terlihat seekor Ikan Kancra Bodas besar, yang panjangnya mungkin mencapai sekitar 1 meter. Di kolam kedua sebelah kanan beberapa pengunjung bergerombol berdesakan di tepian kolam untuk melihat ikan Kancra Bodas yang mendekat ketika diberi makan ikan kecil.

Ikan-ikan kecil ini bisa dibeli pengunjung Kolam Cibulan seharga Rp.5000 per ikat, untuk dilemparkan ke kolam, mengundang Ikan Kancra Bodas untuk datang mendekat. Air di Kolam Cibulan ini selain jernih juga melimpah meskipun pada musim kemarau panjang. Kolam Cibulan kabarnya dikuras paling sedikit sekali dalam dua minggu untuk tetap menjaga kebersihannya.

Mengunjungi Kolam Cibulan sungguh menenangkan dan menyegarkan hati, dengan melihat kilau air yang jernih, memandangi ikan-ikan Kancra Bodas yang berlalu lalang tanpa henti dan kadang berdesakan berebut makanan, serta berjalan-jalan di bawah keteduhan pohon-pohon besar yang mengelilingi tempat ini.

Kolam Cibulan Kuningan

Alamat : Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat. Lokasi GPS : -6.9104455, 108.4865651, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Kuningan lainnya, Peta Wisata Kuningan, Hotel di Kuningan. Galeri (28 foto) Kolam Cibulan Kuningan : 1.Tempat parkir, 2.Ban, 3.Kancra Bodas, 4.Kerajinan Tangan, 5.Mustaka 6.Kolam Dangkal 7.Air Jernih 8.Bergelombang 9.Beruntung … s/d 28.Mainan.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Kuningan » Kolam Cibulan Kuningan
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap