Kode Script Print This! Tanpa Plugin

Cari, kirim ke FB | Tweet | WA | Print!.

Saya masih ingat bahwa sekian tahun berselang seorang teman blogger pernah mengusulkan untuk memasang script Print This! pada tulisan untuk memudahkan pembaca yang ingin mencetak tulisan di the Aroengbinang Project sebagai referensi atau pun koleksi. Saya ikuti sarannya.

Namun sepanjangpendeknya ingatan, setelah bermigrasi ke WordPress beberapa tahun lalu belum pernah saya memasang script Print This!. Tautan sosial yang saya gunakan biasanya Facebook, Twitter, dan Google+. Yang terakhir karena tak banyak dipakai akhirnya saya tanggalkan.

Tautan sosial Facebook dan Twitter pun telah beberapa kali saya buang dari halaman the Aroengbinang Project lantaran memperpanjang loading time, sesuatu yang menjadi perhatian saya. Memperpendek loading time adalah satu tujuan yang wajib diusahakan oleh setiap penulis blog. Karenanya, saya hanya menggunakan plugin jika benar-benar diperlukan dan tidak ada alternatif lain yang lebih baik.

Tautan sosial Facebook dan Twitter di the Aroengbinang Project juga dibuat tanpa plugin, baik plugin asli dari Facebook dan Twitter maupun yang bukan asli dari developer. Kode script-nya bisa dibaca di tulisan Alternatif Script Facebook dan Twitter Button.

Beberapa hari lalu, entah apa yang menjadi pencetusnya, saya tiba-tiba teringat tentang usulan teman itu untuk memasang kode script Print This!, dan hasilnya adalah tautan Print This! kini sudah ada di setiap halaman the Aroengbinang Project. Selain itu saya tambahkan pula tautan Share via Email lantaran masih banyak orang yang bukan pengguna aktif Twitter dan Facebook.

Jika tulisan di blog Anda layak untuk dijadikan referensi atau dijadikan koleksi oleh pembaca, ada baiknya Anda juga memasang tautan Print This!, yang tidak saja bisa di print pada printer, namun juga bisa di print ke PDF file dan dikirim via email.

Berikut adalah kode script untuk Print This!:
<a href="javascript:window.print()" rel="nofollow">Print This!</a>

Dan di bawah ini adalah kode script untuk Share via Email. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
<a href="mailto:?subject=Tulisan menarik di <?php bloginfo('name'); ?>&body=<?php the_title('','',true); ?> <?php the_permalink(); ?>" target="_blank">Share via Email</a>



Kirim ke FB | Tweet | WA | Email | Print!

Home » Blog » WordPress » Kode Script Print This! Tanpa Plugin
Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 23 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »