Keramik Pulutan Minahasa

Keramik Pulutan dihasilkan di sebuah desa bernama Pulutan dimana penduduknya banyak yang bekerja sebagai pengrajin tradisional keramik dan gerabah. Desa Pulutan berada di Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa, sekitar 31 km dari Kota Manado atau 5 kilometer dari Danau Tondano, Sulawesi Utara.

Keramik Pulutan
Kedamaian kehidupan, sebuah pemandangan di sebuah ladang yang tertangkap dalam perjalanan menuju Desa Pulutan.

Keramik Pulutan
Tanah Minahasa yang hijau subur merupakan pemandangan menarik di sepanjang perjalanan.

Keramik Pulutan
Salah satu jenis kerajinan Keramik Pulutan yang tinggal menunggu beberapa sentuhan akhir.

Keramik Pulutan
Alat angkut tradisional yang masih berdayaguna.

Keramik Pulutan
Di sepanjang jalan Desa Pulutan, rumah-rumah seperti ini memajang benda-benda kerajinan Keramik Pulutan yang setengah jadi maupun sudah jadi di teras dan halaman depan rumahnya.

Keramik Pulutan
Deretan produk jadi yang dipajang di luar ruangan. Keramik Pulutan ini rata-rata terbuat dari 75% tanah liat, dan sisanya dari bahan kaolin, pelfar dan talk.

Keramik Pulutan
Cikal bakal pemotret masa depan.

Keramik Pulutan
Barang jadi Keramik Pulutan yang siap untuk dijual. Seni tradisional membuat Keramik Pulutan diajarkan secara turun temurun di Desa Pulutan dan kemudian mulai dikembangkan teknik penglasiran desain untuk meningkatkan kualitasnya agar menghasilkan produk keramik dengan kualitas eksport.

Keramik Pulutan
Sebuah monumen ynag menjadi tengara bahwa di Desa Pulutan telah dilakukan program Pertukaran Karang Taruna Antar Wilayah se-Indonesia, yang berlangsung dari 24 Mei – 4 Juni 2009. Para peserta kemudian membuat akun Karang Taruna se-Indonesia Minahasa Pulutan di FB untuk terus saling berhubungan.

Keramik PulutanKeramik Pulutan memiliki Fasilitas Pusat Pelatihan Keramik Pulutan dikembangkan dengan dukungan Proyek CIDA-Private Enterprise Participation (PEP) dari pemerintah Kanada, untuk mendorong kemajuan pemakaian teknologi baru pada hampir 300 pemilik usaha keramik di Pulutan, yang merupakan 30% dari jumlah penduduk setempat.

Sayang sekali kami tidak cukup waktu untuk mengekslopirasi lebih dalam hasil-hasil kerajinan Keramik Pulutan yang dihasilkan di Desa Pulutan karena waktu yang terbatas. Semoga ada kesempatan untuk berkunjung lagi ke Desa Pulutan di waktu mendatang untuk melihat perkembangan seni kerajinan Keramik Pulutan di sana.

Keramik Pulutan

Alamat: Desa Pulutan, Kecamatan Remboken, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Tempat Wisata di Minahasa, Peta Wisata Minahasa, Hotel di Manado

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sulawesi Utara » Minahasa » Keramik Pulutan Minahasa
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap