Kelenteng Tay Kak Sie Semarang

Kelenteng Tay Kak Sie adalah sebuah kelenteng tua yang indah di Kota Semarang yang berdiri sejak tahun 1772. Lokasi Kelenteng Tay Kak Sie Semarang ini berada di Gang Lombok, di dekat lokasi Pasar Semawis, dengan menyeberang sebuah sungai. Kelenteng dibuat pada mulanya sebagai tempat suci untuk memuja dewi Kwan Sie Im Po Sat.

Belakangan kelenteng ini juga dipakai sebagai tempat untuk pemujaan dewa dewi lain dari para pengikut ajaran Tao. Rencana awalnya ketika itu adalah mengunjungi Pasar Semawis, namun masih terlalu pagi untuk pergi ke sana. Hanya beberapa warung yang baru saja buka, dan tidak banyak yang bisa dilihat di sana.

Ditemani Senja, kami meninggalkan Pasar Semawis dan berjalan melewati sebuah jembatan di atas sebuah sungai yang airnya keruh, dimana kami melihat sebuah kapal berukuran sedang tengah bersandar di arah sebelah kiri jembatan. Kapal itu ternyata merupakan bagian dari Kelenteng Tay Kak Sie, yang secara harafiah berarti “Kuil Kesadaran Agung”.

Tay Kak Sie Semarang
Tampak depan Kelenteng Tay Kak Sie, dengan ukiran dua ekor naga yang indah di atas atapnya.

Klenteng Tay Kak Sie Semarang
Patung Buddha di bawah Pohon Bodhi yang terletak di depan Kelenteng Tay Kak Sie.

Klenteng Tay Kak Sie Semarang
Seorang pendeta wanita tampak tengah melakukan sebuah ritual di dalam Kelenteng Tay Kak Sie. Ia menabuh bebunyian semacam genta sambil menggumam rapalan doa, dan lalu berjalan menuju ke arah kapal sambil tetap merapal doa di sepanjang langkahnya.

Klenteng Tay Kak Sie SemarangKelenteng Tay Kak Sie memiliki sebuah patung, yang menurut hemat saya, merupakan patung yang terbaik yang ada di dalam Kelenteng. Ia tengah memancing, namun tanpa kail pancing diujungnya sehingga tidak akan melukai ikan yang mendekatinya.

Klenteng Tay Kak Sie SemarangKelenteng Tay Kak Sie memiliki beberapa altar berukuran kecil, berisikan patung para dewa untuk melakukan sembahyang, seperti yang tampak pada foto di atas.

Kelenteng Tay Kak Sie SemarangKelenteng Tay Kak Sie mempunyai altar Hok Tik Tjing Sien, yang di beberapa kelenteng lain disebut Hok Tek Tjeng Sin, Dewa Bumi, lambang kesuburan dan kemakmuran.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang
Salah satu altar pemujaan Kelenteng Tay Kak Sie.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang
Altar pemujaan Kelenteng Tay Kak Sie lainnya.

Kelenteng Tay Kak Sie SemarangKelenteng Tay Kak Sie dengan patung nabi Kong Hu Tju sebagai tempat pemujaan bagi penganutnya.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang
Kapal yang bersandar di sungai di depan Kelenteng Tay Kak Sie itu ternyata adalah replika kapal Laksamana Cheng Ho.

Setelah berkunjung ke Kelenteng Tay Kak Sie, kami berhenti untuk beristirahat di warung A Hong yang letaknya hanya beberapa langkah dari Kelenteng Tay Kak Sie, sambil menikmati kacang presto dan Wedang Kacang Tanah. Ia menamakan kacang presto buatannya Li Li Xiang Hua Seng, yang berarti kacang dengan bau yang harum di setiap bijinya.

Kelenteng Tay Kak Sie tampaknya merupakan tempat yang wajib untuk dikunjungi jika anda sedang berada di Semarang. Untuk sampai ke sana, anda bisa naik taksi atau angkutan umum ke Pasar Semawis, dan lalu naik becak atau berjalan kaki dengan bertanya arah ke orang sekitar.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang

Alamat : Gang Lombok, dekat Pasar Semawis, Semarang. Lokasi GPS : -6.972243, 110.426481, Waze. Harga tiket masuk : gratis, sumbangan diharapkan. Jam buka : sembarang waktu. Rujukan : Tempat Wisata di Semarang, Hotel Semarang, Peta Wisata Semarang.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Semarang Kota » Kelenteng Tay Kak Sie Semarang
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap