Kelenteng Sanggar Agung Surabaya

Kelenteng Sanggar Agung atau Kelenteng Hong San Tang di Jl. Sukolilo 100 adalah tempat menarik lain di dalam kompleks Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, tepat di seberang Patung Buddha Empat Muka. Kelenteng selalu merupakan tempat menarik yang saya ingin lihat ketika berkunjung ke suatu kota di mana saja.

Sama dengan ketertarikan untuk mengunjungi Candi, Masjid, Vihara dan dalam frekuensi yang lebih jarang, Gereja. Kebanyakan kelenteng dipergunakan sebagai tempat sembahyang bagi penganut Tri Dharma, yaitu agama Tao, Kong Hu Cu, dan Buddha.

Suasana agak temaram ketika saya memasuki pintu gerbang Kelenteng Sanggar Agung, melewati sebuah taman yang cukup luas, dan lalu masuk ke bangunan utama kelenteng. Tidak ada yang menyapa ketika saya masuk ke dalam bangunan Kelenteng Sanggar Agung ini, dan karenanya ada perasaan bebas untuk memotret, tanpa harus mengganggu mereka yang tengah bersembahyang.

Kelenteng Sanggar Agung
Patung beberapa dewa yang berada di bagian sebelah kanan ruang utama, dengan posisi altar yang agak berdekatan.

Kelenteng Sanggar Agung
Seorang wanita tengah melakukan ritual sembahyang di depan altar utama Kelenteng Sanggar Agung. Hanya ada beberapa pengunjung yang bersembahyang pada malam itu, dan Kelenteng Sanggar Agung terlihat agak sepi.

Kelenteng Sanggar Agung
Patung Kwan Im Pouw Sat berukuran besar dengan empat pengawal langit, serta dua naga raksasa, adalah merupakan patung yang paling mengesankan di Kelenteng Sanggar Agung. Patung Dewi Kwan Im ini tingginya 20 meter.

Cahaya yang rendah menjadi kendala karena tidak membawa tripod, selain itu jarak antara patung ke tembok juga sangat dekat, dan saya hanya membawa lensa 24-70mm, meninggalkan lensa 14mm di rumah. Merupakan ide buruk untuk pergi memotret tanpa persenjataan yang lengkap…

Kelenteng Sanggar Agung
Karya seni yang sangat mengesankan pada patung dua naga berukuran besar di Kelenteng Sanggar Agung ini.

Kelenteng Sanggar Agung
Foto di atas diambil dari dari bagian belakang Kelenteng Sanggar Agung.

Saya masih merasa belum cukup melihat bagian-bagian lain dari Kelenteng Sanggar Agung ini, karena ruangan di Kelenteng Sanggar Agung pencahayaannya agak kurang pada malam hari. Jika ada waktu mungkin saya akan berkunjung lagi ke Kelenteng Sanggar Agung ini pada siang hari, sekaligus ingin melihat-lihat pemandangan di sekitar Pantai Ria Kenjeran yang konon romantis.

Kelenteng Sanggar Agung Surabaya

Alamat : Jl. Sukolilo 100, kompleks Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Lokasi GPS : -7.24736, 112.80180, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, dan Hotel di Surabaya.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Surabaya » Kelenteng Sanggar Agung Surabaya
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap