Kelenteng Sam Poo Kong Semarang

Kelenteng Sam Poo Kong adalah sebuah Kelenteng besar dan indah yang terletak di Jl. Simongan 129, Semarang, berjarak sekitar 3 km dari Simpang Lima, arah ke barat daya. Kelenteng Sam Poo Kong adalah sebuah Kelenteng yang dimaksudkan untuk memuja Laksamana Cheng Ho atau Sam Poo Tay Jien, yang pada suatu ketika beristirahat di sebuah gua yang berada di dalam kompleks itu, yang kemudian dikenal dengan nama Gedong Batu.

Berapa lamakah orang akan mengingat nama kita dan hal-hal yang kita lakukan, baik atau pun jahat, ketika secara fisik kita sudah tidak tidak ada lagi di atas bumi tua yang ringkih ini. Mungkin tiga generasi bagi sebagian besar kita jika kita menikah dan dikaruniai keturunan, dan kurang dari itu jika tidak. Hidup ini begitu singkat, dan ingatan manusia hidup sedikit lebih lama lagi dari itu.

Laksamana Cheng Ho adalah satu dari orang langka yang terpilih untuk hidup selama lebih dari 600 tahun di kepala banyak orang, khususnya mereka yang tinggal di kota Semarang, Jawa Tengah. Cheng Ho, yang lahir sebagai seorang Cina muslim, hidup dalam masa pemerintahan kaisar ketiga Dinasti Ming. Ia ditugaskan untuk mengarungi lautan untuk melaksanakan misi khusus tertentu yang diperintahkan oleh kaisar dalam bidang politik dan perdagangan dengan negara-negara asing.

Kelenteng Sam Poo Kong
Papan yang menunjukkan nama tempat itu berada di sebelah kanan dari pintu masuk Kelenteng Sam Poo Kong . Dua ekor naga tampak seperti tengah menjagai pintu gerbang Kelenteng Sam Poo Kong .

Kelenteng Sam Poo Kong
Dua bangunan utama dimana peziarah melakukan prosesi ritual di sebuah ruangan terbuka yang berada di dalam bangunan Kelenteng Sam Poo Kong. Kelenteng ini dibangun pada 1724, dan pada tahun itu juga telah didirikan bangunan emperan di depan gua.

Kelenteng Sam Poo Kong
Halaman luas Kelenteng Sam Poo Kong yang di setiap sudutnya terdapat empat arca berpakain perang seukuran orang dewasa dengan membawa senjata, dengan raut wajah, dan dengan ciri-ciri yang berbeda.

Kelenteng Sam Poo Kong
Pemandangan di dalam gedung utama Kelenteng Sam Poo Kong, yang menunjukkan ukiran naga Cina yang terkenal dan lampion kertas berwarna merah yang cantik.

Kelenteng Sam Poo Kong
Sebuah replika kecil kapal Cheng Ho yang terbuat dari semen, yang diletakkan di bawah sebuah pohon beringin yang teduh di ujung Kelenteng Sam Poo Kong.

Kelenteng Sam Poo Kong
Replika jangkar kapal Laksamana Cheng Ho yang disimpan di salah satu gedung di Kelenteng Sam Poo Kong.

Kelenteng Sam Poo Kong
Sebuah relief Kelenteng Sam Poo Kong yang menggambarkan cerita perjalanan Laksamana Cheng Ho, dengan keterangan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Di tengah relief, pengunjung akan melihat gua yang bernama Gedong Batu itu. Namun saya tidak masuk ke dalamnya karena orang tidak diperbolehkan memotret di dalam ruangan gua.

Kita tidak akan pernah tahu berapa lama orang akan ingat dengan nama kita dan perbuatan yang kita lakukan, dan mungkin itu bukan hal yang penting sama sekali. Namun, ajukan pertanyaan itu sebelum anda menutup mata malam ini, dan biarkan pikiran mengembara selama beberapa saat untuk mencari sebuah petunjuk, karena tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan semacam itu.

Kelenteng Sam Poo Kong Semarang

Alamat : Jl. Simongan 129, Semarang. Lokasi GPS : -6.9958392, 110.3983499, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Semarang, Hotel Semarang, Peta Wisata Semarang.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Tengah » Semarang Kota » Kelenteng Sam Poo Kong Semarang
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap