Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi

Lokasi Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi berada di Jalan Kenari 1, Desa Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, didirikan abad ke-18 M, di atas tanah seluas 700 m² dan bangunan 650 m². Pintu masuk utama dan meja penyimpanan alat peribadatan masih aseli, ada hiasan perjalanan Hian Thian Siang Te dari bertapa sampai mendalami ajaran Lao Tze.

Kelenteng Hok Lay Kiong

Alamat : Jalan Kenari 1, Desa Margahayu, Bekasi Timur. Lokasi GPS : -6.244103, 107.003161, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel Murah di Bekasi, Tempat Wisata di Bekasi, Peta Wisata Bekasi.

Arca Hok Lay Kiong diletakkan di tengah altar utama, dengan empat arca Dewa Pendamping serta tujuh Dewa Pengawal berada di kanan kirinya, serta ada lima altar lainnya.

Ritual Kelenteng Hok Lay Kiong adalah perayaan Imlek dengan upacara pencucian arca dewa dan benda pusaka, lalu diarak dengan pawai barongsai dan pertunjukan kesenian Cina lainnya; tabur sial di Sungai Bekasi dengan membuang kertas bertulis nama dan mantera harapan hidup lebih baik dan melepas kura-kura simbol umur panjang; serta pukul bedug di awal bulan (purnama) dan akhir bulan (bulan kecil).

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Bekasi » Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi
Tag :

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 28 Juni 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap