Kelenteng Ba Cheng Yi Ci Jakarta Barat

Kelenteng Ba Cheng Yi Ci di Jakarta Barat merupakan salah satu Kelenteng Tertua di Indonesia yang didirikan oleh orang-orang Tionghoa suku Hakka yang berasal dari daerah pegunungan di Fujian, Tiongkok.

Secara bergelombang orang-orang Hakka bermigrasi keluar dari Tiongkok karena perang atau sebab yang lain, misalnya didatangkan oleh pemerintah kolonial Belanda untuk bekerja sebagai kuli perkebunan atau di tambang timah di Bangka Belitung.

Lokasi Kelenteng Ba Cheng Yi Ci berada di Jl. Jembatan Batu No. 49, Jakarta Barat. Bangunan aslinya didirikan pada tahun 1865 oleh sejumlah tokoh yang mewakili masyarakat Hakka di Batavia waktu itu.

Selain sebagai tempat sembahyang di altar para dewa dan orang suci, kelenteng ini juga digunakan sebagai tempat penyimpanan bilah nama orang-orang Hakka yang telah meninggal. Namun mungkin karena mendapat tempat yang lebih baik, pada tahun 1878 bangunan kelenteng dipindah ke tempat yang sekarang ini.

Kelenteng Ba Cheng Yi CiAlamat : Jl. Jembatan Batu 49, Jakarta. Lokasi GPS : -6.1387467, 106.8144894, Waze. Rujukan : Peta Wisata Jakarta . Tempat Wisata di Jakarta . Hotel di Jakarta Barat.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Kelenteng Ba Cheng Yi Ci Jakarta Barat

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 18 Juli 2017.