Kantor Pos Simpang Surabaya

Kantor Pos Simpang berada di area pojok tepat di sebelah Taman Apsari, dimana Monumen Suryo berada, dipisahkan oleh Jl. Taman Apsari yang menuju ke Arca Joko Dolog. Bangunan satu lantai ini merupakan kantor pos pertama yang dibuat Belanda di Surabaya. Kantor Pos Simpang memiliki pintu masuk dari Jl Gubernur Suryo serta dari Jl Taman Apsari. Namun karena pintu masuk ke dalam gedungnya berada di sisi Jl Taman Apsari, maka Kantor Pos Simpang menggunakan alamat Jl. Taman Apsari No. 1, Surabaya.

Pada Agustus 2011, beberapa bulan setelah saya berkunjung, di pelataran Kantor Pos Simpang dibuka Orange Musicafe, dengan tempat duduk di bawah payung-payung taman untuk menikmati suasana malam di Kota Surabaya.

Ada masa ketika Kantor Pos menjadi satu-satunya penghubung antar kerabat, teman dekat maupun teman antar kota dan antar negara yang banyak diantara mereka tidak pernah bertatap muka, sehingga perangko dan kartu pos menjadi benda koleksi yang berharga. Kedatangan Pak Pos pun sering dirindukan, mengharap datangnya surat, dan wesel kiriman uang dari orang tua…

kantor pos simpangKantor Pos Simpang dilihat dari arah Jl Gubernur Suryo. Jendela di bawah papan nama Kantor Pos Simpang itu sebelumnya merupakan pintu masuk pada bangunan aslinya. Entah kapan perubahan itu dilakukan.

Undakan pada pintu masuk di sisi Jl Taman Apsari juga sudah tidak terlihat lagi. Kanopi berwarna keemasan di atas jendela juga tidak ada pada foto Kantor Pos Simpang yang dibuat pada tahun 1930-an.

kantor pos simpangKantor Pos Simpang dengan pelat kuningan pada dinding luar yang menjadi tengara bahwa bangunan ini dibuat pada 1815, merupakan Kantor Pos pertama di Surabaya, dan ditetapkan sebagai cagar budaya pada 1998 dengan nomor urut 54.

kantor pos simpangKantor Pos Simpang dengan sisi yang sebelumnya merupakan bagian depan bangunan, dan sekarang telah ditutup sama sekali. Sebuah bis surat yang sebelumnya terdapat di sisi pintu masuk juga sudah tidak terlihat lagi.

kantor pos simpangKantor Pos Simpang dengan sebuah poster yang menunjukkan usaha Pos Indonesia untuk bertahan dan tetap relevan di tengah serbuan alat komunikasi modern. Selain melayani pengiriman antar kota dengan 3600 kantor pos online, Pos Indonesia kini juga menjalin kerjasama dengan Western Union untuk kiriman uang antar negara.

kantor pos simpangKantor Pos Simpang dilihat dari sisi Jl Taman Apsari. Gerobak-gerobak penjual makanan di ujung Jl Taman Apsari itu tampaknya melayani para pengunjung Taman Apsari, dan Kantor Pos Simpang pada hari kerja.

kantor pos simpangKantor Pos Simpang dilihat dari sisi seberang Jl Gunernur Suryo, di sebelah luar halaman Gedung Grahadi.

Kantor Pos Simpang Surabaya

Alamat : Jl. Taman Apsari No. 1, Surabaya. Lokasi GPS : -7.26380, 112.74334, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Surabaya, Peta Wisata Surabaya, Hotel di Surabaya.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Timur » Surabaya » Kantor Pos Simpang Surabaya
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 14 Juli 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap