Kantor Pos Besar Cirebon

Lokasi Kantor Pos Besar Cirebon berada di Jl.Yos Sudarso No. 9, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, menempati sebuah gedung tua elok warisan kolonial Belanda yang telah lama ditetapkan sebagai salah satu Benda Cagar Budaya Kota Cirebon.

Meskipun bangunan Kantor Pos Besar dalam bentuknya yang sekarang ini dibuat pada 1906, namun kantor pos di Cirebon telah berdiri antara tahun 1810 dan 1832, bersamaan dengan periode pembuatan kantor-kantor pos di Anyer, Serang, Batavia, Bogor, Cianjur, Indramayu, Tegal, Pekalongan, Semarang, Jepara, Rembang, Tuban, Gresik, Surabaya, dan Pasuruan.

Jaringan layanan pos itu dimungkinkan menyusul berhasilnya pembangunan Jalan Raya Pos Anyer – Panarukan oleh Daendels yang dimulainya pada Mei 1808. Meskipun sempat terhambat di Cadas Pangeran, namun pada Agustus 1808 pembangan Jalan Raya Pos telah sampai di Pekalongan, dan keseluruhan proyek selesai dalam tempo hanya setahun.

Jauh sebelumnya, pada tahun 1746, Kantor Pos pertama telah didirikan di Batavia oleh Gubernur Jenderal GW Baron Van Imhoff.

Kantor Pos Besar CirebonAlamat : Jl.Yos Sudarso No.9 Cirebon. Telp 0231-230494, 204733. Lokasi GPS : -6.719674, 108.571968, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon, Hotel di Cirebon.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Kantor Pos Besar Cirebon

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.