Kantor Polisi Sawahlunto

Kantor Polisi Sawahlunto merupakan bangunan tua di kota tambang batubara di wilayah Sumatera Barat ini yang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada 1920. Bangunan ini sedari awal memang diperuntukkan bagi kantor polisi, sekaligus sebagai rumah tahanan bagi pekerja tambang yang telah dinyatakan bersalah.

Kantor Polisi Sawahlunto
Kantor Polisi Sawahlunto dilihat dari atas rel kereta api Sawahlunto, dengan beberapa buah pohon pinus di depannya. Atap-atap bangunan lama di Kota Sawahlunto ini tampak kebanyakan menggunakan lembaran-lembaran seng. Genteng hanya terlihat pada bangunan-bangunan gedung yang lebih kokoh dan mewah. Sepertinya memasang atap seng lebih murah ketimbang memasang genteng, selain lebih mudah dipasang.

Kantor Polisi Sawahlunto
Tampak luar Kantor Polisi Sawahlunto yang tampak sederhana dan mulai terlihat usang, dengan tambahan atap bergaya Minangkabau di bagian depan bangunan yang terkesan agak dipaksakan.

Kantor Polisi Sawahlunto
Penanda yang dipasang pada dinding luar Kantor Polisi Sawahlunto.

Kantor Polisi Sawahlunto
Taman bermain di sebelah samping kiri Kantor Polisi Sawahlunto, dengan cat warni-warni dan gambar-gambar binatang, yang tampak seperti taman bermain anak TK. Di latar belakang tampak tiga buah Silo berukuran raksasa tempat penyimpanan batubara.

Kantor Polisi Sawahlunto
Kantor Polisi Sawahlunto dilihat dari samping kanan yang terlihat agak kumuh dan uzur. Karena masih dijadikan sebagai kantor polisi, saya tidak memotret bagian dalam gedung.

Kantor Polisi Sawahlunto
Bangunan yang menyerupai bedeng di sayap sebelah kanan Kantor Polisi Sawahlunto dengan latar belakang ketiga Silo beton yang menjulang tinggi.

Foto-foto Bangunan Kantor Polisi Sawahlunto di atas diambil pada Desember tahun lalu. Semoga saat ini salah satu bangunan tua di Kota Sawahlunto ini sudah dicat dan dalam keadaan lebih baik ketimbang pada waktu saya berkunjung ke sana.

Kantor Polisi Sawahlunto

Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasi GPS: -0.68107,100.77577. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Kantor Polisi Sawahlunto
Tag : , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 19 Maret 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap