Kampung Gajah Wonderland Parongpong Bandung

Kami mampir ke Kampung Gajah Wonderland Parongpong Bandung karena tertarik melihat ada deretan patung gajah di sebuah taman di tepi sebelah kiri jalan, ketika melewati Jalan Sersan Bajuri dari arah terminal Ledeng, Bandung. Pagi-pagi itu kami telah meninggalkan hotel dengan tujuan pertama adalah untuk mengunjungi kebun strawberry di Cihedeung.

Meskipun sudah sering melihat buah strawberry, tentu saja orang kota hanya melihatnya di rumah dan toko, namun hingga saat itu memang belum pernah melihatnya menggantung langsung pada batang pohonnya, jika itu adalah pohon. Belakangan baru saya ketahui bahwa strawberry berupa tanaman perdu yang bisa ditumbuhkan di dalam pot atau kantung-kantung plastik.

Karena sempat melewatinya, kami berbalik arah untuk masuk ke dalam Kampung Gajah Wonderland Parongpong Bandung yang terlihat dari luar sangat luas, melihat bentang areanya. Waktu kami ke sana area rekreasi keluarga belum begitu lama dibuka, sehingga masih ada sejumlah tempat yang kosong. Sekarang mestinya sudah jauh lebih banyak lagi wahana yang disediakan.

kampung gajah wonderland parongpong bandung
Deretan patung-patung gajah yang menarik perhatian di tepian Jl Sersan Bajuri itu, lengkap dengan gading-gadingnya yang aslinya menjadi kutukan bagi satwa besar yang biasa hidup berkelompok ini. Taman di halaman depan itu ditata dengan cukup asri, menunjukkan kelas dan keserius pengembangnya.

Bandung memang tampaknya semakin bersolek dengan berkembangnya tempat-tempat wisata baru yang menawarkan berbagai permainan kesenangan seperti Kampung Gajah Wonderland di Parongpong ini, melengkapi wisata belanja dan kuliner yang telah lebih dahulu diburu orang.

kampung gajah wonderland parongpong bandung
Gerbang masuk Kampung Gajah Wonderland Parongpong Bandung yang terlihat megah dengan tiga patung kepala satwa itu menempel pada dinding gerbang. Ada pula ornamen tiruan gading berukuran besar pada lubang gapura.

Entah mengapa namanya menjadi Kampung Gajah, padahal setelah melihat-lihat dan berkeliling di area yang luas ini tidak terlihat satu pun gajah berkeliaran, apalagi perkampungan. Tidak pula ada kandang gajah yang mudah dikenali bentuknya, dan tidak juga ada gajah tunggang jinak yang bisa diajak pengunjung untuk berkeliling. Entahlah jika sekarang sudah ada.

kampung gajah wonderland parongpong bandung
Buggy, salah satu permainan yang ditawarkan di Kampung Gajah Wonderland, selain ATV, Children Play, Body Cycle, Kuda dan juga Delman. Di bagian lain terlihat Arena Formula Kart, dengan tumpukan ban bekas sebagai pembatas jalur. Suasana masih senyap saat itu, karena hari masih terlalu pagi pada waktu kami berada di sana.

Tempat ini kabarnya juga menawarkan Paralel Adventure The Flying SkyRider sejauh 439 meter, yang dapat diterbangkan secara berdampingan maupun sendiri untuk menikmati pemandangan kota Bandung dan pegunungan di sekitarnya.

kampung gajah wonderland parongpong bandung
Papan nama yang menunjukkan sebagian isi Kampung Gajah yang menawarkan gabungan wisata kuliner, wahana permainan dan belanja kepada para pengunjungnya.

Tidak jauh dari situ ada bangunan Formula Kart dengan reretan ruang mesin ATM yang belum terisi semua saat itu, namun sekarang mestinya sudah penuh. Dengan mengeliling kompleks Kampung Gajah, memang terlihat bahwa tempat ini tengah berkembang.

Kami juga sempat melihat area dimana terdapat kebun strawberry. Tanaman strawberry rupanya memang tidak ditanam langsung pada tanah, namun ditanam dalam kantung-kantung plastik semacam ini. Ada cukup banyak buah strawberry matang yang masih menempel pada tanamannya dan siap untuk dipetik.

Kami hanya berkunjung sepintas di tempat ini, karena sepagi itu belum ada satu pun wahana yang buka. Setelah dari sana kami melanjutkan perjalanan ke Kampung Daun yang berada lebih ke ujung di jalan yang sama, sarapan di warung bu haji yang murah meriah, dan akhirnya lupa mencari tahu dimana sebenarnya yang dimaksud dengan kebun strawberry di Cihedeung itu.

Kampung Gajah Wonderland Parongpong Bandung

Alamat : Jl Sersan Bajuri Km 3.8, Kecamatan Parongpong, Bandung. Telp.(022) 278-4545 / 278-4646. Lokasi GPS : -6.829412, 107.596396, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam Buka : 08:00 – 18:00. Harga tiket masuk : Rp. 15.000, akhir pekan Rp. 20.000. Tiket terusan Rp. 150.000, akhir pekan Rp. 200.000. Waterboom Rp.80.000, akhir pekan Rp.100.000. Rujukan : Tempat Wisata di Bandung . Peta Wisata Bandung . Hotel Murah di Bandung. Galeri (10 foto) Kampung Gajah Wonderland Parongpong Bandung : 1.Patung, 2.Gerbang, 3.Buggy, 4.Papan, 5.Ban, 6.Formula Kart, 7.Kebun Strawberry, 8.Strawberry, 9.Kabut, 10.Gading.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Barat » Bandung Barat » Kampung Gajah Wonderland Parongpong Bandung

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 17 Juli 2017. Tag: , ,

Tulisan sebelumnya : Makam Ade Irma Suryani | Curug Ceheng Sumbang Banyumas | Tempat Wisata di Jakarta Utara | Goa Selarong Bantul Jogja | WordPress: Bagaimana Menampilkan Foto Penulis Tanpa Plugin | Bagaimana Memasang AdSense di Google AMP WordPress | Pantai Apra Cianjur |