Kampung Cimande Bogor

Tidak ditemukan informasi yang spesifik tentang apa yang bisa ditemukan pejalan di Kampung Cimande Bogor yang berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor ini, selain untuk melihat kehidupan dan suasana di pedesaan dan pemandangan persawahan di sana.

Sebelumnya di Desa Cimande Hilir ada Kampung Pending (Pendidikan Lingkungan), namun sekarang usaha rekreasi pendidikan itu sudah ditutup. Selain itu nama Cimande memang erat dengan Silat Cimande yang dikembangkan oleh Abah Kahir yang hidup pada ke-17 dan konon tinggal di tepian sungai Cimande, yang tercipta berdasarkan pengamatannya pada gerakan monyet dan harimau.

Namun tidak jelas apakah kini di Desa Cimande masih ada jawara-jawara Silat Cimande yang membuka perguruan, dan apakah ada juga pertunjukan Silat Cimande yang diperuntukkan bagi pejalan selagi berkunjung di sana. Nama Cimande sering pula dikaitkan dengan pengobatan patah tulang. Namun juga belum jelas dimana pengobatan itu dilakukan, dan apakah pejalan bisa menyaksikan bagaimana dukun-dukun patah tulang Cimande itu ketika tengah bekerja.

Akses dari Jalan Tol Jagorawi, keluar tol Ciawi, masuk Jalan Raya Bogor – Sukabumi, melewati Kecamatan Cijeruk, sampai di Kecamatan Caringin.

Kampung Cimande Caringin BogorAlamat : Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Lokasi GPS : -6.702158, 106.834029, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Kampung Cimande Bogor

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.