Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Lokasi Kampung Budaya Sindangbarang Bogor berada di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor Jawa Barat, sekitar 5 km dari pusat Kota Bogor. Kampung Budaya Sindangbarang diduga telah ada sejak abad ke-12, semasa Kerajaan Sunda, dan merupakan kampung tertua di wilayah Bogor.

Pada masa itu, Sindangbarang yang beribukota Kutabarang adalah kerajaan bawahan Pajajaran. Konon di tempat inilah kebudayaan Sunda Bogor berawal, yang sekarang masih bertahan dalam bentuk Upacara Adat Seren Taun.

Di Kampung Budaya Sindangbarang, pengunjung bisa menyaksikan delapan jenis kesenian Sunda yang telah dihidupkan kembali, rumah-rumah adat, kehidupan keseharian masyarakat setempat, situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran berupa punden berundak, selain upacara adat Seren Taun yang diselenggarakan setahun sekali.

Fasilitas yang tersedia di Kampung Budaya Sindangbarang adalah Alun-Alun, jalur treking, Rumah Panengen dan Pangiwa dengan 2 kamar tidur, rumah pasanggrahan dengan empat kamar tidur, Perpustakaan, Sanggar Seni, Ruang Diskusi, pijat tradisional, dll.

Kampung Budaya Sindangbarang BogorAlamat : Desa Pasir Eurih, Kec Tamansari Bogor. Telp: 021-70009990. Rujukan : Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Oleh Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email. Diperbaiki 14 Juli 2017.