Kain Tenun Silungkang Sawahlunto

Kain Tenun Silungkang merupakan salah satu kain tenun terkenal dari Sumatera Barat, selain Kain Tenun Pandai Sikek. Setelah sempat mampir di deretan toko dan butik di pinggir jalan Trans Sumatera ruas Silungkang, di pinggir Kota Sawahlunto, kami menyeberang jalan untuk melihat tempat pembuatan kain tenun Silungkang.

Jarak dari Kota Sawahlunto ke toko-toko yang menjual Kain Tenun Silungkang ini sekitar 9,8 km, arah ke Selatan, dan lalu ke Barat setelah bertemu dengan Jalan TransSumatera Muara Bungo – Solok.

Kain Tenun Silungkang
Deretan toko dan butik di tepi Jalan Lintas Sumatera ruas Silungkang, yang menjual berbagai jenis Kain Tenun Silungkang, baik yang masih berupa bahan maupun yang siap untuk dipakai.

Kain Tenun Silungkang
Jalanan menanjak, tepat di seberang jalan dimana deretan toko Kain Tenun Silungkang berada, dengan menyeberang rel kereta api, menuju ke salah satu rumah pengrajin tenun Silungkang.

Kain Tenun Silungkang memiliki motif yang khas, dan songket yang dihasilkannya beragam mulai dari songket ikat, songket batabua (motif benang emas atau peraknya bertebaran, tidak memenuhi seluruh permukaan kain), penuh, benang dua, dan songket selendang lebar. Kata Songket berasal dari sungkit yaitu cara menambah benang pakan dan benang emas pada benang lungsi.

Kain Tenun Silungkang
Rumah yang kami kunjungi untuk melihat pembuatan Kain Tenun Silungkang, yang letaknya cukup dekat dari tepi jalan raya. Pembuatan Kain Tenun Silungkang ini masih dilakukan dengan menggunakan cara-cara tradisional.

Kain Tenun Silungkang
Seorang pengrajin wanita tengah menunjukkan ketrampilannya dalam menata benang dan menggunakan alat tenun tradisional yang terbuat dari susunan papan kayu, dahan pohon bulat kecil panjang, bambu dan tali.

Kain Tenun Silungkang
Alat tenun yang sedang tidak digunakan biasanya ditutup dengan kain untuk melindunginya dari debu dan kotoran. Perlatan tenun Slingkung ini ukurannya sedikit lebih besar dari alat tenun yang digunakan di Pandai Sikek.

Kain Tenun Silungkang
Tidak banyak pembeli yang mampir ke toko Kain Tenung Silungkang pada siang itu. Penjualan memang ada pasang surutnya. Namun Kain Tenun Silungkang kabarnya sangat digemari turis melayu dari Malaysia dan Singapura, karena kualitasnya yang tinggi dan keunikan desainnya, selain juga banyak diminati para pembeli domestik sendiri.

Kain Tenun Silungkang

Alamat: Jalan Lintas Sumatera, Silungkang, Sawahlunto, Sumatera Barat. Toko: Lokasi GPS -0.72139, 100.77021. Pengrajin: GPS -0.72089, 100.77031. Tempat Wisata di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Hotel di Sawahlunto

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Sumatera Barat » Sawahlunto » Kain Tenun Silungkang Sawahlunto

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 19 Maret 2017. Tag: ,

Tulisan sebelumnya : Taman Burung TMII Jakarta | Museum Palagan Ambarawa Semarang | Museum Kartini Jepara | Pohon Tua Padomasan Batang | 51 Peta Wisata Sambas | Hotel di Karangasem | Gangan di RM Bunda Mui Hyong |