Jalan Cihampelas Bandung

Jalan Cihampelas Bandung adalah salah satu tempat belanja pakaian dan segala macam aksesori yang paling pertama dan paling populer di kota kembang ini. terkenal dengan yang merk tiruan dan lokal dengan harga murah, mulai dari t-shirts, topi, jaket, jean, dompet, pakaian anak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meskipun dengan dibukanya tempat belanja di tempat yang lebih bergengsi dan mahal, seperti di sepanjang jalan Riau dan Dago, pesona Cihampelas belum lagi pudar. Deretan toko di sepenggal jalan ini masih selalu dipadati pengunjung, yang membuat jalanan menjadi padat dan tersendat, terutama di akhir pekan.

Beberapa tahun lalu saya mengunjungi beberapa toko di sana, dan mengungkapkan kekecewaan kepada beberapa penjaga, karena sulitnya menemukan t-shirt atau jeans dengan merk lokal. Semuanya aspal, serupa dengan yang aseli, tapi palsu. Tentu saja ada t-shirt dan jeans dengan merk lokal, namun terbatas di tempat tertentu, terutama di tempat dimana mereka dibuat.

jalan cihampelas bandung
Oleh karena itu ada perasaan sangat senang ketika suatu saat mengunjungi Jl. Cihampelas dan berhasil menemukan satu area khusus di beberapa toko yang menawarkan kaos merk lokal, seperti sesuatu yang “orisinil Bandung”. Salah satunya tampak pada foto di atas. Rasanya seperti menemukan Bandung di Jl. Cihampelas, karena mestinya tempat ini memang menjadi etalase kerja kreatif orang Bandung.

Ciri khas Jalan Cihampelas, selain macetnya adalah dipasangnya patung-patung para superhero Marvel dan DC Comics dalam ukuran besar dan dalam posisi yang sangat mencolok. Patung-patung itu mulai bermunculan dan mendominasi pemandangan sejak akhir tahun 1980-an, dan segera menjadi ciri khas tempat belanja ini, membedakannya dari tempat-tempat belanja yang lain.

jalan cihampelas bandung
Deretan patung superhero yang menghiasi sebuah factory outlet berukuran cukup besar di sisi kanan jalan yang lalu lintasnya dibuat searah ke bawah ini. Tokoh utama kartun seperti Goku yang berasal dari bangsa Saiya dalam kisah Dragon Ball juga ada. Dipasangnya patung-patung itu menjadi hiburan tersendiri bagi pejalan kaki maupun pengendara kendaraan bermotor yang lewat.

Namun rupanya memang tak ada yang kekal di dunia ini, kalau pun ada maka itu adalah perubahan dan kefanaan. Terbukti bahwa keberadaan patung-patung yang telah menjadi ikon Jalan Cihampelas itu sebagian besar telah tergusur dengan dibangunnya Skywalk Cihampelas yang telah dibuka dan mulai ngehits sejak Februari 2017, menjadi daya tarik keramaian baru di area ini.

jalan cihampelas bandung
Grafiti pada dinding dan Superman dengan celana dalam luarnya yang terkenal itu, pada posisi terbang dengan tangan lurus ke depan (karena jika menekuk maka ia sedang jadi super taksi) kini telah lenyap dari area ini. Demikian pula dengan Spiderman pada jaring laba-labanya dengan kaki mengangkang yang mungkin terlihat sangat seksi bagi kaum hawa.

Saya sendiri belum sempat menengok seperti apa rupa Skywalk Cihampelas yang kabarnya membuat parkir di area ini menjadi sangat ramai di jam dan hari tertentu, terutama akhir pekan. Namun melihat gambar-gambarnya tampaknya fasilitas baru itu memang elok, dan membuat jalan yang penataannya dulu terlihat berantakan itu kini menjadi lebih berkelas.

jalan cihampelas bandung
Logo dan nama Superman yang diletakkan di bawah, sementara patung setengah badannya ada di atas, dan pandangan jarak dekat pada patung Spiderman yang seksi itu. Tak jelas apakah patung-patung itu akan dihidupkan kembali sebagai nostalgia Jalan Cihampelas lama, atau mau dimatikan begitu saja. Bagaimana pun patung-patung itu layak ditempatkan di museum sebagai bagian perjalanan sejarah bisnis factory outlet di Kota Bandung.

Sewaktu tulisan ini terbit pertama kali, saya tulis bahwa Jalan Cihampelas bisa menjadi tempat yang lebih baik sebagai sebuah surga belanja, dan bahwa diperlukan tindakan yang lebih berani dan radikal oleh pemerintah kota untuk merancang ulang Jl. Cihampelas, agar menjadi benar-benar nyaman, termasuk adanya tempat khusus bagi pejalan kaki yang lebar, serta fasilitas parkir mobil yang memadai.

Saya sebut juga bahwa toko-toko membutuhkan penyegaran wajah, dan bahwa ketimbang menggunakan patung komik luar negeri mungkin lebih baik menggunakan tokoh atau simbol lokal untuk menunjukkan kekayaan budaya, khususnya budaya Jawa Barat karena Bandung adalah gudangnya seniman besar. Kini Skywalk Cihampelas telah ada, sebagai terobosan Walikota Ridwan Kamil untuk menyegarkan wajah Jalan Cihampelas agar tak ditinggalkan oleh pelanggan lamanya. Saya ucapkan selamat, semoga ke depan semakin baik lagi.

Jalan Cihampelas Bandung

Alamat : sepanjang Jl Cihampelas, kawasan factory outlet di Bandung. Lokasi GPS : -6.893611, 107.605, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Tempat Wisata di Bandung, Peta Wisata Bandung, Hotel Murah di Bandung, Hotel di Bandung. Galeri (17 foto) Jalan Cihampelas Bandung : 1.Desain Asli, 2.Superhero, 3.Superman, 4.Spiderman, 5.Goku, 6.Santai, 7.Batman, 8.Catwoman, 9.Instalasi … s/d 17.Tarzan.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Jawa Barat » Bandung Kota » Jalan Cihampelas Bandung

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Juli 2017. Tag: ,