Istana Bung Hatta Bukittinggi

Home » Sumatera Barat » Bukittinggi » Istana Bung Hatta Bukittinggi
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Istana Bung Hatta berada tepat di seberang taman Jam Gadang Bukittinggi dengan halaman luas hijau asri yang dihiasi pohon palm dan cemara. Di sekeliling Istana Bung Hatta dipagari tembok rendah berkisi, dengan pintu gerbang yang terbuka. Namun ketika melangkah masuk, seorang penjaga bergegas mendekat, dan tidak memperbolehkan masuk lebih jauh lagi mendekati bangunan.

Istana Bung Hatta Bukittinggi
Tengara Istana Bung Hatta Bukittinggi pada tiang beton beratap rumah adat Minangkabau, dengan si penjaga bersedekap mengawasi. Entah apa yang dipikirkan oleh pengelola bangunan bersejarah ini, sehingga tidak memperbolehkan pejalan untuk masuk dan memotret agar keindahan dan riwayatnya bisa dinikmati dan dibaca oleh lebih banyak orang.

Istana Bung Hatta Bukittinggi
Patung dada Bung Hatta berpeci dan berkacamata yang khas, dengan senyum ramah, namun tidak seramah petugas dan pengelola bangunan rumah Istana Bung Hatta yang pernah ditempatinya di akhir tahun 40-an, pada masa-masa revolusi perjuangan kemerdekaan.

Istana Bung Hatta Bukittinggi
Istana Bung Hatta ini menempati bangunan bekas kediaman Asisten Residen Belanda di Bukittinggi, yang oleh Bung Hatta kemudian digunakannya sebagai tempat kediaman dan Istana Wakil Presiden RI. Bangunan Istana Bung Hatta ini sebelumnya bernama rumah “Tamu Agung”, lalu Gedung Tri Arga, Wisma Hatta, sebelum akhirnya berganti nama menjadi Istana Bung Hatta.

Istana Bung Hatta Bukittinggi
Dari Istana Bung Hatta Bukittinggi inilah Bung Hatta memimpin perjuangan kemerdekaan di wilayah Sumatera Barat khususnya, mengadakan pertemuan-pertemuan dengan para pemimpin setempat dan membuat keputusan-keputusan politik yang dibutuhkan untuk lebih mengefektifkan perjuangan kemerdekaan dan roda pemerintahan.

Istana Bung Hatta Bukittinggi kini digunakan sebagai tempat penginapan bagi Presiden, Wakil Presiden serta Tamu Negara yang berkunjung ke Sumatera Barat, dan juga digunakan sebagai Gedung Serba Guna Negara.

Istana Bung Hatta Bukittinggi

Alamat: Kawasan Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat. Lokasi GPS: -0.306111, 100.368611. Tempat Wisata di Bukittinggi, Hotel di Bukittinggi, Peta Wisata Bukittinggi

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag: , , ,

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »